Artikel Terbaru

Tematik Terpadu Kelas 3 SD Tema 3 Benda di Sekitarku Subtema 1 Muatan Bahasa Indonesia

Pelajaran Tematik adalah pelajaran yang sudah lama digunakan walaupun hanya beberapa sekolah yang dijadikan contoh untuk dapat dimasukkan pelajaran tematik ini. Pelajaran ini dimaksudkan untuk membantu siswa untuk dapat berpikir lebih dalam akan suatu pengetahuan yang ternyata dalam satu bahasan bisa terdapat bermacam pelajaran. Dan pelajaran tematik didapat dari keadaan sehari hari yang ada di sekitar siswa.
Pembahasan kali ini adalah benda benda yang ada di sekitar siswa. Bisa meja, kursi, papan tulis, vas bunga, buku tulis yang tentunya sebuah benda memiliki suatu bentuk yang berbeda beda. Ada yang kotak, bulat, lonjong tentunya siswa akan belajar bentuk benda yang ada di sekitar mereka. Misal bentuk balok untuk tempat pensil, bentuk bulat untuk bola sepak.

BAca juga : Kelas 3 SD Tema 3 Subtema 1 Muatan PPKn

Selain dari bentuknya benda juga bisa dibedakan melalui ukurannya. Caranya adalah siswa dapat mengamati suatu benda apakah benda itu berukuran besar atau kecil. Bisa juga dengan cara menimbang jika benda itu akan ditentukan berat atau ringannya. Misal lemari berukuran lebih besar daripada meja di kelas atau kursi lebih berat daripada kotak pensil.

Benda yang ada di sekitar bisa juga dibedakan dengan cara melihat warna dari benda tersebut. Ada warna putih merah untuk seragam upacara, warna cokelat untuk seragam pramuka. Bisa juga warna pintu kelas, warna papan tulis kelas, warna pensil siswa.

Untuk mempermudah siswa belajar www.didied.com akan merangkum Tematik Terpadu kelas 3 SD Tema 3 Benda di Sekitarku Subtema 1 Muatan Bahasa Indonesia.

Untuk mengetahui informasi dari suatu teks bacaan kalian bisa membuat pertanyaan pertanyaan dengan menggunakan kata kata di bawah ini.

  • Apa : Menunjukkan sesuatu yang ingin diketahui
  • Di mana : Menunjukkan lokasi terjadinya peristiwa
  • Kapan : Menunjukkan waktu suatu peristiwa
  • Mengapa : Menunjukkan sebab terjadinya peristiwa
  • Siapa :Menunjukkan  seseorang atau pelaku peristiwa
  • Bagaimana : Menunjukkan cara atau keadaan suatu peristiwa

Benda dari Kayu
Kayu didapat dari cara menebang batang pohon di hutan. Kayu mempunyai kelebihan bentuk keras, mudah dibentuk, kuat dan tahan lama. Makanya lemari, kursi, meja, pintu di kelas kalian seringkali terbuat dari kayu. Tetapi kayu mempunyai kelemahan juga yaitu mudak lapuk.
Supaya tidak mudah lapuk kayu biasanya dilapisi dengan cat supaya tahan lama. Jadi kesimpulan kayu mempunyai kelebihan dan mempunyai kelemahan.

Benda dari Kertas
Buku tulis, amplop, poster di kelas, undangan untuk orang tua terbuat dari kertas, tahu tidak kalau kertas itu terbuat dari kayu. Kayu yang ada dihancurkan dan dibuat menjadi pulp lalu diolah di pabrik kertas. Sifat sifat kertas adalah mudah terbakar , ringan, bisa menyerap air dan tinta, mudah disobek. Jenis kertas juga bermacam macam, kertas HVS untuk buku tulis, kertas karton yang tebal, kertas koran untuk surat kabar.

Benda dari Logam
Logam didapat manusia dengan cara digali dari dalam tanah. Ada bermacam jenis logam di tanah, Misalkan besi, aluminium, tembaga, perak, emas. Logam mempunyai sifat yang keras, tidak menyerap air, bisa menghantarkan panas, kuat dan mudah ditempa. Alat alat masak di rumah kalian biasanya terbuat dari aluminium karena mudah menghantarkan panas misal wajan, panci dan teko buat memasak air. Jika logamnya kuat akan digunakan untuk bahan mendirikan dasar bangunan rumah.misal besi dan baja.

Benda dari Kaca
Kaca terbuat dari bahan baku pasir silika atau pasir kaca dan mempunyai sifat mudah tembus cahaya, kedap air dan mudah pecah. Kaca sering digunakan untuk pembuatan gelas, piring, kaca jendela, aquarium.

Benda dari Karet
Karet terbuat dari yang namanya lateks yang didapat dari pohon karet. Karet mempunyai sifat yang lentur, kuat dan tidak menghantarkan panas. Benda yang ada di sekitar kalian yang terbuat dari karet misalnya : sandal, bola sepak, ban roda sepeda.

Benda dari Plastik
Plastik mempunyai sifat mudah terbakar, lentur, bisa transparan atau diwarnai. Banyak benda di sekitar kita yang terbuat dari plastik.

Pertanyaan Latihan
1. Apa saja benda benda yang ada di sekitar kalian ?
2. Benda bisa dikelompokkan berdasarkan ......
    a.............................
    b............................
    c............................
3. Bisakah kalian sebutkan nama contoh bendanya berdasarkan bentuk ?
4. Benda dari kayu adalah.......( pilih salah satu )
    a. kursi           
    b. ban sepeda
    c. bola
    d. buku
5. Penggunaan bahan plastik harus dikurangi karena sampah plastik susah untuk diurai. Kata pertanyaan yang tepat untuk kalimat bercetak tebal dia atas adalah........
6. Tuliskan arti dari kata kata yang berwarna merah di atas menggunakan KBBI ?
    a. lapuk
    b. cat
    c. pulp
    d. karton
    e. tempa
    f. kedap air
    g. aquarium

Jawaban
1. Kursi, meja, pintu, papan tulis, lemari, tempat sampah
2.a. bentuk
   b. ukuran
   c. warna
3. Bentuk balok untuk kotak pensil, bentuk bulat untuk bola\
4. a. kursi
5. Mengapa bahan plastik harus dikurangi ?
6. a. lapuk : bercendawan karena sudah lama
    b. cat : bahan pewarna (berupa bahan air, cairan kental atau tepung)
    c. pulp : campuran bahan seperti kayu, kertas, kain bekas
    d. karton : kertas tebal ( untuk kulit buku, gambar)
    e. tempa : memukul mukul ( untuk membuat perkakas)
    f. kedap air : tidak dapat kemasukkan air
    g. aquarium : bak kaca

Demikianlah rangkuman Tematik Terpadu kelas 3 SD Tema 3 Benda di Sekitarku Subtema 1 Muatan bahasa Indonesia yang bisa Anda gunakan untuk belajar putra putri Anda di rumah.







Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel