Artikel Terbaru

CACAR AIR PADA BALITA

Tiara my beautiful princess


CACAR AIR PADA BALITA

Kali ini saya akan share tentang cacar air yang kebetulan anak saya yang cantik baru saja kena cacar air ini. Namanya Tiara Eirene Dwi Putri, anak kedua saya umurnya 2 tahun 2 bulan

Apa saja sih gejalanya ?

hari Rabu 10 Mei, mendadak badannya terasa demam suaranya terdengar serak, dugaan sementara saya adalah radang tenggorokan sementara waktu saya beri paracetamol syr untuk dibawa ke tempat mbah kung dan mbah utinya ( tiap pagi dianter,sore saya jemput karena saya dan istri kerja semua) .untuk jaga-jaga saya bawakan puyer antihistamin dan antiradang.

Sore hari di tangan adik ada bintil kecil berisi air dan demam masih berlanjut. Kecurigaan saya cacar air .Puyer yang sudah saya bikin tidak saya minumkan karena nafsu makan adik masih bagus dan masih bisa menari nari di depan tv. Batal deh rencana berenang hari Kamis.karena baru satu bintil saya tunggu di hari berikutnya.dan muncul 3 bintil  baru berwarna merah.saya langsung menduga adik terkena cacar air ( saya kerja di puskesmas jadi yakin kalau ini cacar air...lebih baik tanya dokter ya bunda). untuk awalnya saya taburkan bedak salicil untuk mengurangi gatal.
Hari Jumat saya konsul ke dokter Lita,saran dokter kasih Acyclovir saja dengan dosis sesuai badan adik Tiara,akhirnya saya pulang ke rumah dengan membawa puyer baru dan salep, puyer CTM untuk gatalnya dan puyer Acyclovir untuk cacarnya

Apa sih penyebab cacar?

Semua orang kayaknya sudah tahu kalau penyebab cacar itu virus, yaitu virus varicella ada berbagai macam sih, tapi seringkali varicella zoster.  Pembaca tahu juga kan penyakit lain karena virus? ya ......flu  salah satunya.

Apa pengobatannya?

Tidak ada penanganan khusus, tapi obati saja gejala gejala yang timbul jika demam obati dengan paracetamol, rasa gatal obati dengan CTM,efektif acyclovir diberikan 1- 3 hari setelah gejala awal ya tapi atas petunjuk dokter. Karena penyebab cacar itu virus sebenarnya paling bagus penderita dirawat dengan intensif. Ketika penderita memiliki daya tahan yang membaik dan membentuk imunitas maka penyakit cacar tidak akan memburuk tetapi  sembuh sendiri.Makan teratur, minum banyak, istirahat teratur ,minum vitamin imun jika perlu.

Sebenarnya ada tindakan pencegahannya dengan melakukan vaksin cacar, tapi vaksin ini tidak masuk imunisasi wajib, jadi  biasanya hanya bisa didapat di dokter specialis anak.

Pengobatan dan perawatan adik Tiara? 

1. Meminumkan obat demam , obat gatal dan obat antivirus dari dokter
2. Pertahankan nafsu makan dan minum adik, sempat hari Minggu tidak mau makan dan minum
   ,si  adik memang agak keras kepala tapi akhirnya Minggu sore mau makan kembali.
3. Memakai pakaian yang nyaman,pernah sekali dari tempat mbah pakaiannya tidak menyerap    
    keringat ( bahan batik ) langsung saya ganti kaos.
4. Rutin taburi bedak salicil tipis tipis saja, kalau saya tidak main tabur saja,tapi saya oles bedak 
   tiap benjolan cacarnya. Tiap sudah hilang bedaknya saya oles lagi.
5. Boleh mandi ya, tapi kalo demam jangan pakai air dingin tapi  air hangat suam suam kuku
 Puji Tuhan sekarang sudah hari ke 4 dan adik Tiara sudah semakin membaik, pemakaian bedak salicil masih berlanjut.









Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel