Artikel Terbaru

Resep Oseng Tempe Special ala Didied

Libur sudah tiba saatnya memasak resep kesukaanku oseng tempe bumbu special ala didied. Oseng ini yang jelas merupakan gabungan rasa manis,pedas dan gurih.
Tempe adalah bahan utama yang menjadi bahan resep masakan ini. Bahan masakan yang berasal dari tempe ini adalah kesukaan masyarakat Indonesia terutama daerah Jawa. Selain harganya yang cukup terjangkau,tempe bisa diolah berbagai macam menu yang rasanya sangat enak. Kandungan protein nabati di dalam tempe juga tidak kalah dengan kandungan protein hewani yang ada.

Tempe adalah hasil olahan dari kacang kedelai melalui proses fermentasi yang menggunakan beberapa jenis dari kapang Rhizopus biasa disebut ragi tempe. Tidak hanya di Indonesia ternyata banyak negara lain yang gemar dengan konsumsi tempe, bahkan negara negara ini berusaha menemukan jenis kapang Rhizopus yang mempunyai kualitas unggul, sehingga tempe yang dihasilkan menjadi lebih cepat dan mengandung gizi yang lebih baik lagi. Bayangkan kalau penemuan ini bisa didaftarkan sebagai hak paten, bisa bisa tempe bisa menjadi hak negara lain padahal hasilnya dari Indonesia. Negara yang berminat misalnya Jepang

Baca Juga : Resep Oseng Kulit Sapi Pedas 

Bagaimana tempe dibuat? Kedelai yang sebelumnya sudah dicuci bersih, direndam dahulu sekitar 13- 18 jam lalu dicuci kembali sambil dikelupas kulit luarnya. Kedelai kemudian direbus dan angkat lalu diangin-anginkan sampai dingin biasnya menggunakan bantuna kipas angin. Taburi dengan kapang Rhizopus secara merata lalu aduk kembali sampai tercampur dengan baik, Masukkan kedelai tadi ke dalam wadah plastik atau daun bungkus yang telah disiapkan. Tunggu setidaknya 2 hari di dalam suhu kamar. Kalau saya lebih suka menggunakan tempe daun jika akan dikonsumsi dengan cara digoreng. Harganya juga lebih mahal daripada menggunakan plastik.

Baca Juga : Resep Ikan Biawan Asam Manis Pedas

Kandungan yang ada di dalam tempe selain serat pangan yang baik untuk dikomsumsi juga mengandung kalsium 517 mg, protein Vitamin B, zat besi (fosfor 202 mg). Karena mengandung protein nabati yang cukup tinggi sehingga tempe bisa dijadikan menu favorit untuk mengontrol berat badan. Selain itu karena mengandung protein yang tinggi maka membuat perut menjadi lekas kenyang dan mengurangi lapar yang lebih lama

Saat ini www. didied.com akan menyajikan resep oseng tempe special yang tentunya menggoda untuk dicoba dan disantap dengan kerupuk. Nyaman pokoknya dan tidak cepat menaikkan berat badan Anda.

Bahan-bahan :
  • Tempe 1 papan harga Rp 10.000,-
Bumbu-bumbu :
  1. Bawang bombay 1 buah sedang
  2. Bawang putih 5 siung
  3. Cabai besar hijau 4 buah
  4. Cabai besar merah 4 buah
  5. Cabai rawit sesuai selera
  6. Gula merah secukupnya
  7. Air asam secukupnya
  8. Garam secukupnya
  9. Kecap sesuai selera
Cara memasak :
  1. Potong tempe bentuk kotak kotak ;
  2. Goreng tempe sampai berwarna coklat kekuningan,angkat lalu tiriskan ;
  3. Iris bawang bombay,bawang putih dan cabai ;
  4. Panaskan minyak ke dalam wajan ;
  5. Masukkan bawang bombay, bawang putih ke dalam wajan, goreng hingga aroma wangi tercium ;
  6. Masukkan cabai dan bumbu lainnya tumis hingga agak layu ;
  7. Masukkan tempe yang sudah digoreng tadi ;
  8. Aduk rata dan tambahkan sedikit air panas ;
  9. Cicipi rasanya, aduk hingga agak berkurang airnya ;
  10. Angkat lalu hidangkan dengan nasi hangat dan lauk yang lain. 
Rasanya dijamin enak dan nagih,saya langsung menyantapnya dengan lauk ayam goreng dan perkedel yang sudah saya buat sebelumnya. Terkadang saya vasiari dengan mencampur daging sapi yang sedikit mengandung lemak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel