Artikel Terbaru

Tumis ( oseng ) Kulit Sapi Tempe Tahu Pedas Gila

Sudah lama tidak memasak sesuatu yang saya sukai. Memang sudah kebiasaan saya memasak masakan kegemaran saya untuk saya dapat menikmati cita rasa yang pedas dan manis. Karena di dalam keluarga saya tidak menyukai masakan yang rasanya pedas. Cuma saya yang suka sehingga saya seringkali mengalah untuk makan yang tersedia di meja makan keluarga.

Saya juga membatasi kegiatan memasak pribadi karena biasanya saya akan menghabiskan masakan saya tersebut dengan makan 2 porsi nasi. Tentunya bukan kebiasaan yang baik dan sehat untuk ditiru Anda dalam hal makan dengan porsi yang besar. Tapi karena hanya saya yang suka mau tidak mau saya akan makan semuanya.

Baca Juga : Resep Urap Sederhana

Oseng tempe campur kulit sapi pedas menggoda iman menggoyang lidah itulah yang saya bayangkan untuk hasil masakan saya. Tugas pertama saya mulai membeli bahan masakan di pasar dekat dengan kantor di mana saya bekerja. Biasanya saya menghindari memasak di hari saya memakai pakaian waskat karena terlalu mencolok terlihat di dalam pasar apalagi saya cowok. Jadi saya biasa memasak ketika saya dinas memakai baju batik ataupun baju olahraga walaupun masih juga diliat oleh ibu ibu di pasar.

Sudah tidak sabar kan untuk melihat apa yang saya masak? Pada artikel ini www.didied.com akan menyajikan resep rumahan yang mudah anda buat di rumah :

Oseng Kulit Sapi Tempe Tahu Pedas Gila

Bahan bahan :

  1. 1/2 kg kulit sapi.
  2. 1 potong besar tempe
  3. 2 bungkus tahu ( 4 tahu tiap bungkus)
  4. Minyak goreng 4 sendok makan
Bumbu -Bumbu
  1. 5 siung bawang putih 
  2. 5 siung bawang merah
  3. 1 buah bawang bombay
  4. 1/2 kg cabai besar merah dan hijau
  5. 1/2 kg cabai rawit
  6. gula merah secukupnya 
  7. garam secukupnya
  8. kecap sesuai selera
  9. Air asam secukupnya
  10. gula pasir secukupnya
  11. Jahe, lengkuas, serai, daun salam untuk merebus kulit sapi
Cara Membuatnya
  1. Pertama tama rebus cuci kulit sapi dengan jahe, serai, daun salam dan lengkuas dan rebus dahulu sekitar 15 menit, tiriskan;
  2. Potong tempe dan tahu berbentuk kotak , goreng hingga warna menguning, angkat dan tiriskan;
  3. Iris semua bumbu yang ada, bawang merah, bawang putih ,bawang bombay cabai, gula merah;
  4. Panaskan minyak goreng di dalam wajan dan tunggu sampai panas;
  5. Masukkan bumbu bumbu yang sudah diiris dalam wajan;
  6. Bawang dimasukkan dahulu dan tunggu hingga baunya harum baru masukkan yang lainnya, cabai garam, gula putih, gula merah, aduk sampai semua tercampur dan berbau harum;
  7. Masukkan kecap sesuai selera dan tunggu hingga kecapnya mendidih,tetap diaduk aduk;
  8. Masukkan kulit sapi, tempe dan tahu bersamaan dan masukkan air asam kemudian aduk hingga rata;
  9. Tunggu hingga semua tercampur dan berubah warna menjadi kecoklatan, cicipi apakah sudah cukup rasanya;
  10. Jika belum cukup bisa tambahkan garam dan gula pasir sesuai selera 
  11. Angkat oseng matang Anda dan sajikan dengan nasi panas.
Baunya sungguh menggoda untuk segera menyantapnya. Saya ambil nasi panas yang ada saya langsung masukkan oseng kulit sapi yang masih berasap asap. Saya suapkan ke dalam mulut saya dan rasanya benar benar membuat mood saya menjadi lebih baik. Tidak lupa saya siapkan kerupuk sebagai teman untuk bersantap hasil masakah saya.

Ketika saya pergi untuk membeli kulit sapi di pasar saya akan memperhatikan kondisi kulit sapi tersebut. 
1. Warna : warna kekuningan dengan sedikit cenderung ke warna putih. Ada pernah saya temukan warna yang benar benar kuning atau warna yang benar benar putih  lebih baik jangan dibeli.
2. Bau : ketika Anda mencium baunya adalah khas bau sapi, mirip ketika Anda beli daging sapi,  bukan tanpa bau atau bau seperti bahan kimia.
3. Tekstur : kenyal ketika diraba bukan mudah hancur maupun kaku bisa buat lempar kucing.

Saya sengaja merebus kulit sapi dengan jahe, lengkuas, serai dan daun salam (empon empon) supaya bau khas sapi tidak tercium dan digantikan oleh bau sedap dari bumbu dapur tersebut. Warna cabai besar yang hijau dan merah juga membuat masakan anda menjadi lebih cantik dan mengundang selera untuk memakannya juga.
Semoga tips membeli kulit sapi tersebut bisa Anda lakukan untuk membeli bahan masakan Anda kemudian Anda memasaknya sesuai dengan selera Anda.






Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel