Artikel Terbaru

Tematik Terpadu Kelas 3 SD Tema 3 Benda Di SekitarkuSubtema 1 Muatan SBdp ( Alat Musik Ritmis )

Dung tak...dung tak...dung dung tak.....suara alat ritmis terdengar begitu kompak. Untuk jenis alat musik ini memang tidak mempunyai nada seperti alat musik harmonis dan alat musik melodis. Tetapi jika dimainkan secara bersama sama akan menimbulkan suara yang enak juga. Apalagi jika digabungkan dengan alat musik yang lain seperti alat musik harmonis dan melodis. Berikut ini adalah pengertian alat musik ritmis, fungsi, gambar dan cara memainkannya tidak lupa contoh soal dan jawaban soalnya.

Alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak mempunyai nada nada tertentu ketika dimainkan.Untuk membuat suara yang berbeda maka akan dimainkan keras dan pelan saja atau cepat dan pelan untuk mengatur ketukan. Selain alat musik ritmis, benda yang bisa menghasilkan bunyi juga bisa dimainkan sebagai alat musik ritmis seperti memukul botol, memukul ember, memukul tembok dan lainnya. Bunyi anggota tubuh kita bisa juga menghasilkan bunyi seperti alat musik ritmis seperti tepuk tangan, hentak kaki, tepuk paha, tepuk dada asalkan dibunyikan sesuai dengan irama sebuah lagu.

Baca juga : Tematik Kelas 3 SD Tema 3 Subtema 1 Muatan PPKn
                   Tematik Kelas 3 SD Tema 3 Subtema 1 Muatan Bahasa Indonesia

Ada dua fungsi utama dari alat musik ritmis yaitu sebagai pengatur tempo dan sebagai pengiring irama sehingga musik yang dihasilkan bisa stabil. Ketika memainkan alat musik ritmis yang terpenting adalah keteraturan ketukan pada saat mengikuti ritme lagu yang sedang dibawakan dan ketepatan irama ketika memainkan sebuah lagu.

Secara umum alat musik ritmis dibagi menjadi dua :
1. alat musik ritmis modern, misal : triangle, drum dan simbal
2. alat musik ritmis tradisional, misal : tamborin, gendang, rebana, tifa, marakas

Untuk memainkan suatu alat musik ritmis maka harus tahu apa yang dinamakan pola irama. Jadi pola irama adalah bunyi dalam satu birama yang muncul berulanng ulang pada sebuah lagu saat dimainkan.
Ada pola birama 2 yang memiliki dua hitungan dalam setiap iramanya Misal : duk.tak.......duk.tak.......duk.tak....
Ada pola birama 3 yang memiliki tiga hitungan dalam setiap iramanya Misal : duk.duk.tak........duk.duk.tak..........duk.duk.tak.........

Untuk lebih paham lagi www.didied.com akan menyajikan gambar alat musik dan cara memainkannya :
1. Triangle
Alat musik ritmis modern ini berbentuk segitiga dan terbuat dari logam dibunyikan dengan cara dipukul dengan tongkat kecil dari logam juga baik dipukul dari luar maupun dari dalam segitiga. Berbunyi seperti ting...........ting........ bisa bertahan cukup panjang. Di ujung segitiga atas ada pegangannya, dipegang dengan tangan satu sedang tangan lainnya memegang pemukul logamnya.

2. Drum
Alat musik ritmis modern ini dimainkan dengan cara dipukul menggunakan stik kayu atau pemukul khusus lain. Pemain alat musik ini biasa disebut drummer.

3. Simbal/ Simbal  Tangan
simbal tangan

simbal drum

Alat musik ritmis modern ini berbentuk piringan logam dua buah yang jika dibenturkan akan menimbulkan bunyi yang cukup keras. Simbal tangan caranya dipegang dengan kedua tangan lalu dibenturkan bersamaan sedangkan pada simbal drum bisa dipukul maupun digerakkan dengan kaki.

4. Tamborin 

Alat musik ritmis tradisional ini biasa dimainkan dengan digoyang goyang maupun dipukul dengan tangan satunya atau dibenturkan pada paha.

5. Gendang
Alat musik ritmis tradisional jawa ini dimainkan dengan cara dipukul dengan jari tangan maupun telapak tangan ( diteplak). Biasanya dimainkan bersamaan dengan gamelan dan ada bermacam macam namanya.

6. Rebana
Alat musik ritmis tradisional ini dimainkan dengan cara dipukul dengan tangan dan biasa dimainkan oleh umat muslim untuk bermain musik islami.

7. Tifa
Alat musik ritmis tradisional ini berasal dari Papua dan dimainkan dengan cara dipukul. Seperti kendang tetapi bentuknya lebih langsing dan sering dimainkan dalam upacara adat di Papua.

8. Marakas
Alat musik ritmis tradisional ini dimainkan dengan cara dipegang dengan kedua tangan lalu digoyang goyangkan. Bunyi yang dihasilkan berasal dari butiran butiran kecil yang ada di dalam alatnya yang berbentuk seperti pin bowling.

Setelah melihat gambar dan cara memainkan pasti akan lebih mudah untuk memahami pelajaran Tematik Terpadu kelas 3 Tema 3 Subtema 1 muatan SBdP.

Latihan Soal :
1. Alat musik yang tidak memiliki nada tertentu dinamakan :
a. alat musik harmonis
b. alat musik melodis
c. alat musik ritmis

2. Jumlah hitungan pada pola birama 2 adalah......hitungan
a. 2
b. 3
c. 4

3. Alat musik kendang dan tifa dimainkan dengan cara
a. digesek
b. digoyang
c. dipukul

4. Alat musik apakah ini...........







a. tifa
b. marakas
c. rebana

5. Alat musik drum dan triangle dibunyikan dengan cara...........
6. Fungsi alat musik ritmis ada dua yaitu.......
a................
b................

6. Susunan bunyi dalam satu birama yang muncul berulan- ulang disebut........

7. Alat musik ritmis modern adalah......
a. tifa
b. drum
c. rebana

Jawaban :
1. c alat musik ritmis
2. a. 2
3. c. dipukul
4. b. marakas
5. dipukul
6. a. pengiring tambahan
    b. pengatur tempo lagu
7. pola irama
8. b. drum

Semua alat musik memang sangat menyenangkan jika dimainkan dan didengarkan tentunya jika sesuai dengan pola irama yang ada. Dapat memberi ketenangan, kebahagiaan dan menghidupkan lagi semangat dalam kehidupan kita.






















Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel