Artikel Terbaru

9 Tips Mudik Lebaran agar Perjalanan Anda Lebih Aman dan Nyaman

Liburan telah tiba, kali ini liburan cukup panjang karena bergabung dengan libur lebaran. Tradisi masyarakat Indonesia yang sudah dari lama dan merupakan ciri khas bangsa Indonesia adalah mudik ke kampung halaman ketika hari raya tiba. Bagi yang kerja di luar daerah atau mungkin sudah berkeluarga dan tinggal jauh dari orang tua. Maka mudik adalah hal yang selalu dilakukan, tergantung dari jauh dekatnya kampung halaman. Setidaknya menyempatkan diri untuk pulang ke kampung halaman.

Tiket yang mahal tidak menjadi halangan bagi masyarakat Indonesia untuk pulang ke kampung halaman. Baik itu tiket pesawat, tiket kapal, tiket kereta api, tiket bus maupun mudik memakai kendaraan sendiri. Memakai transportasi apapun semua mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing masing. tergantung dari biaya yang kita punyai.

Baca Juga : 12 Tips Rumah Aman saat Mudik 

Kali ini www.didied.com akan memberikan tips selama mudik lebaran yang bisa lakukan supaya perjalanan mudik Anda menjadi lebih aman dan nyaman :

1. Memesan Tiket Transportasi lebih Awal
Hal ini untuk mencegah Anda kehabisan tiket untuk mudik pulang kampung.Untuk moda transportasi yang sering kehabisan adalah tiket kereta api dan tiket bus karena peminat untuk jenis tiket sangat banyak. Lebih untung lagi kalau Anda menyempatkan untuk mencari info dimana yang ada yang menyediakan pulang mudik gratis. Saat ini biasanya area Jakarta yang sering mengadakan.

Untuk tiket pesawat dan tiket kapal disarankan untuk membeli tiket jauh hari untuk mengatasi harga tiket yang semakin melambung mendekati hari Lebaran. Bagi yang sudah berkeluarga juga harus cepat dan jeli dalam memesan tiketnya. Karena biasanya berhubungan dengan tempat duduk yang saling berdekatan. Kalau masing jomblo ( jangan tersinggung ya ) lebih mudah dalam mencari tiket yang lebih murah tentunya.

2. Kemasi Barang Anda 1 Minggu  Sebelumnya
Saran saya adalah buat daftar atau check list barang apa saja yang akan Anda bawa. Sediakan dua macam tas yang berbeda, yang pertama adalah tas yang tidak akan Anda buka selama di perjalanan dan baru dibuka ketika tiba di tempat tujuan. Yang kedua adalah tas yang Anda akan buka dan berisi barang barang yang diperlukan selama ada di dalam perjalanan. Misal keperluan bayi atau keperluaan anak Anda, baju ganti, pempers, minyak kayu putih, tisue, bedak, lipstik Anda dan lainnya.

Bawa barang yang tidak terlalu banyak karena dipastikan ketika Anda pulang akan membawa oleh oleh kembali dalam jumlah yang lebih banyak. Itu karena orang tua Anda sayang kepada Anda sehingga masih dianggap anak kecil kesayangannya. Selain tidak merepotkan hal tersebut membuat Anda tidak khawatir akan barang yang mungkin tertinggal karena saking banyaknya barang bawaan Anda.

3. Atur Anggaran Pengeluaran Anda 
Sekali lagi Anda harus membuat check list untuk menekan anggaran pengeluaran Anda bukan karena Anda tidak punya uang. Jangan sampai Anda pulang ke rumah dengan tidak membawa uang cadangan untuk kehidupan beberapa hari lagi menjelang gajian yang belum Anda terima. Membayar tiket transportasi, biaya hotel, oleh oleh, pengamen, jajan anak selama di jalan dan biaya tak terduga lainnya.

4. Siapkan Kesehatan Anda termasuk Obat Pribadi Anda
Bagi yang sehat akan lebih baik tetap menjaga kesehatan Anda melalui makanan bergizi, istirahat yang cukup dan akitifitas fisik secara teratur. Jika diperlukan Anda bisa meminum vitamin untuk menjaga agar tubuh Anda tetap fit selama di perjalanan mudik yang cukup melelahkan.

Untuk Anda yang sering sakit di tengah jalan misal mabuk, siapkan obat pribadi seperti obat anti mabuk, maag, pusing sehingga Anda tidak repot lagi untuk mencari di warung di tengah perjalanan apalagi jika Anda merasa cocok dengan merek tertentu.

Siapkan obat rutin harian Anda bagi yang dapat resep obat dari dokter seperti obat hipertensi, obat gula, obat jantung yang tentunya tidak akan mudah Anda temukan atau dijual di warung warung.

5. Siapkan Gadget Anda
Jaman sekarang serba gadget hampir semua transaksi memakai gadget yang Anda miliki. Belilah kuota internet yang bisa Anda pakai di manapun dengan sinyal yang terus kuat. Jangan sampai di tengah jalan Anda kesusahan dengan kuota internet yang lemot atau bahkan kehabisan kuota.

Isi penuh baterai ponsel Anda hingga anda tidak perlu mengecharge di tengah perjalanan, misal bisa juga membawa powerbank untuk cadangan baterai Anda. Yang perlu diingat adalah power bank yang mempunyai kapasitas besar tidak bisa dibawa di dalam pesawat.

Mengosongkan memori ponsel Anda karena dikhawatirkan dengan banyaknya Anda selfie atau wefie akan menambah jumlah foto Anda sampai ribuan. Hal ini supaya ponsel Anda tidak lemot dan bahkan hang dengan sendirinya. Kemudian menyiapkan aplikasi untung memesan kendaraan online yang Anda butuhkan.

6. Bawa Uang Tunai Secukupnya
Setelah Anda menentukan anggaran pengeluaran yang akan dipakai dalam perjalanan mudik. Maka Anda bisa menentukan jumlah uang tunai yang harus Anda bawa. Biasanya adalah pengeluaran untuk jajan anak selama di perjalanan, bayar pengamen, bayar tranportasi bukan online misal becak,

7. Atur Acara Kecil Untuk Keluarga Anda
Kalau jomblo ya tidak usah banyak yang dipikir karena lebih mudah untuk membuat diri sendiri terhibur. Yang paling susah adalah membawa anak dalam perjalanan karena waktu menunggu bagi mereka sangat membosankan. Setelah Anda menyiapkan gadget anda seperti di poin 5 Anda bisa juga membawa serta peralatan bermain keluarga atau bawa mainan kesukaan si kecil.

8. Bawa Cemilan yang Menyehatkan
Ini hukumnya wajib karena dengan memakan cemilan membuat Anda bisa meningkatkan mood booster Anda. Selain itu bagi yang membawa anak juga menjadi tidak merepotkan. Saya tulis menyehatkan karena kalau memakan cemilan tidak menyehatkan dikhawatirkan akan menambah Anda repot. Misal Anda makan cemilan yang terlalu pedas maka pasti perut Anda akan melilit bahkan yang terparah Anda akan diare.

9. Memakai Pakaian dan Alas Kaki yang Nyaman
Memakai pakain yang nyaman dipakai selama mudik seringkali dilupakan oleh para pemudik, sebaiknya memakai pakaian yang cepat mengeringkan keringat, ringan dan nyaman dipakai. Jangan karena ingin terlihat keren maka memakai pakaian yang tidak sesuai dengan kondisi mudiknya. Sesuaikan juga dengan kondisi mudiknya maksudnya adalah pakaian kita akan berbeda jika kita naik bus tanpa AC dengan bus AC, jadi saran saya sediakan juga jaket yang akan dipakai jika Anda bertepatan di dalam ruangan AC.

Alas kaki juga harus digunakan senyaman mungkin, seringan mungkin dan sesuaikan dengan kondisi selama mudik. Tentukan Anda harus memakai sandal atau sepatu selama perjalanan mudik Anda.

Demikianlah tips mudik lebaran yang www.didied.com sampaikan semoga bermanfaat bagi Anda semua dan Anda selamat sampai tujuan dengan selamat tidak kekurangan suatu apapun. Bertemu dengan keluarga Anda sebagai wujud silahturahmi untuk keluarga Anda.


 






Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel