Artikel Terbaru

12 Tips Supaya Rumah Aman saat Ditinggalkan Mudik Lebaran

Hari raya sebentar lagi tiba, sudah sebulan lamanya menjalani ibadah puasa  menahan lapar dan haus. Lebih mendekatkan diri kepada sang pencipta melaksanakan zakat fitrah dan kebaikan kebaikan lainnya. Saatnya tiba untuk kembali ke daerah masing masing terutama yang berada di dalam perantauan. Pulang kampung untuk melakukan silaturrahmi dengan keluarga besar di kampung terlebih lagi yang masih mempunyai orang tua di rumah.

Mudik adalah tradisi dari masyarakat Indonesia yang perlu dilestarikan dan ditunjukkan ke dunia biasanya bersifat tahunan dalam menyambut hari besar misal hari lebaran. Arti mudik di KBBI adalah kegiatan perantau untuk kembali ke kampung halaman. Dan ternyata ada asal kata mudik yaitu "mulih dilik " artinya pulang bentar. Sedangkan menurut Islam sendiri seharusnya untuk menyambung tali silaturrahmi yang sudah putus. 


Waktu yang diperlukan setiap orang berbeda-beda tergantung dari jumlah cuti tahunan maupun jarak mudik yang harus ditempuh. Jika tempat mudiknya cukup jauh maka seringkali disesuaikan dengan tiket murah yang bisa didapatnya. Jika tempat mudiknya dekat maka bukan masalah kalau harus berlama-lama sampai waktu cutinya habis.

Tips ini sangat penting untuk menjaga agar rumah Anda aman saat ditinggalkan mudik lama saat lebaran. Di www.didied.com akan menyajikannya dalam 12 tips rumah aman mudik yang berguna untuk Anda.

1. Kuncilah Pintu dan Jendela Anda dengan Baik
Sebenarnya sudah bukan masalah lagi untuk mengunci pintu dan jendela Anda karena mungkin sudah biasa Anda lakukan ketika bepergian ke mall dan seluruh keluarga pergi semua. Yang saya ingin tegaskan adalah :
a. Periksa kembali kekuatan kunci pintu dan jendela Anda seminggu sebelum jadwal keberangkatan        Anda sehingga tukang kunci panggilan sempat untuk memperbaiki kekuatan kunci pintu dan              jendela Anda.
b. Jika diperlukan gunakan kunci pintu dan jendela ganda untuk pintu dan jendela yang tidak terlihat      oleh tetangga sekitar.
c. Jika memungkinkan kuncilah pintu pagar Anda dari dalam sehingga seakan akan Anda ada di             dalam rumah.
d. Cek kembali sesaat sebelum berangkat untuk memastikan sudah terkunci dan sudah tercabut                dengan dengan baik

2. Cabutlah Aliran Listrik dan Selang Gas 
Jika Anda memastikan bahwa akan pergi cukup lama hal ini perlu sekali dilakukan. Banyak rumah yang kebakaran karena terjadi kortsleting listrik pada sambungan aliran listrik rumah. Bagi yang berlangganan gas bulanan maka putuskan aliran gas di depan rumah dan yang memakai tabung maka sebaiknya cabut regulator selang gasnya. Kemudian tutup tabung gas Anda menggunakan kain yang sudah dibasahi air. Menurut pengalaman pribadi terkadang ada kebocoran gas walaupun rumah ditinggal sebentar saja.

3. Simpanlah Barang Berharga Anda di Tempat yang Aman
Mungkin Anda gemar memakai perhiasan berharga waktu arisan, ada laptop, barang barang yang menurut Anda berharga sebaiknya di tempat yang aman misal brankas pribadi di tempat tersembunyi. Jika tidak mempunyai brankas bisa disimpan yang tidak terduga untuk menyimpan barang berharga asalkan Anda tidak lupa dimana menyimpannya. Komunikasikan dengan anggota keluarga yang lain supaya tidak lupa.

4. Bersihkan Rumah Dulu
Bagi tugas dengan anggota keluarga yang lain supaya tidak terlalu berat bagi Anda. Buanglah kantong sampah Anda supaya tidak mengundang kecoa dan semut untuk datang ke dalam rumah. Cuci tumpukan baju kotor Anda juga agar tidak berjamur. Terlebih lagi tutup saluran pembuangan air yang menuju selokan agar tikus dan ular tidak dapat masuk ke dalam rumah Anda.

5. Tutup Kran Air dan Kosongkan Penampungan Air 
Untuk lebih aman dan bisa mengurangi tagihan air Anda lebih baik matikan semua kran air di dalam rumah Anda baru kemudian Anda matikan kran di depan rumah Anda. Jangan lupa kosongkan penampungan air Anda karena dikhawatirkan akan dijadikan nyamuk untuk bersarang dan bertelur di dalamnya. Anda tidak mau khan ketika pulang ke rumah tiba tiba jumlah nyamuk di rumah Anda meningkat drastis.

6. Rumah Jangan Terlihat Kosong
Kejahatan ada karena ada kesempatan untuk melakukannya. Biasanya terlihat rumah kosong adalah ada kunci gembok terpasang di pintu. Lampu rumah menyala di siang hari atau lampu rumah tidak menyala di malam hari. Bisa juga ada tumpukan langganan koran di depan pintu rumah atau pintu pagar Anda.
a. Hentikan sementara langganan koran maupun  majalah Anda, jika tidak memungkinkan minta            tolong kepada tetangga untuk mengambilkan koran langganan Anda.
b. Pasang lampu dengan indikator cahaya, sekarang banyak terjual di toko toko elektronik. lampu ini      akan otomatis menyala jika hari sudah malam dan akan mati ketika hari sudah pagi.
c. Kuncilah pintu pagar rumah Anda dari dalam.

7. Memasang Alarm 
Jika mempunyai banyak barang berharga dalam rumah maka memasang alarm diperlukan sehingga ketika ada pembukaan paksa rumah dan jendela maka alarm akan berbunyi untuk mengagetkan pengganggu. Jaangan lupa remote alarm titipkan pada tetangga sebelah supaya bisa mematikannya ketika berbunyi.

8. Memasang CCTV
Pasanglah CCTV jika Anda mempunyai budget lebih karena banyak barang berharga Anda. Carilah CCTV yang bisa dipantau menggunakan android Anda sehingga dengan mudah bisa mengecek rumah secara berkala.

9.Lapor Kepada Ketua RT, RW maupun Sekuriti 
Untuk yang tinggal di perumahan lebih baik lapor ke sekuriti untuk mengecek secara berkala di rumah Anda. Tidak lupa lapor kepada ketua RT dan RW setempat .

10 Minta Tolong Tetangga 
MInta tolong kepada tetangga yang bisa dipercaya untuk mengecek keadaan rumah Anda secara berkala. Anda bisa menitipkan kunci rumah, remote alarm kepada tetangga Anda.

11. Minta Tolong Teman/ Saudara
Mintalah teman atau saudara yang dipercaya untuk tinggal di rumah Anda sehingga dapat dipastikan bahwa rumah Anda tidak kosong.

12. Jangan Cerita Berlebihan
Jaman sekarang semua di upload di media sosial secara real time. Hal ini sangat berbahaya karena bisa dipastikan rumah Anda kosong.  Apalagi kita selalu cerita atau menjawab obrolan tetangga waktu belanja atau arisan kapan kita mudik, ada orang tidak di rumah bla...bla..bla..

Ada satu hal yang lebih penting dan kita harus lakukan selama kita mudik lama yaitu jangan lupa membawa oleh oleh untuk mereka yang sudah kita mintai tolong. Pak RT, tetangga, teman pasti akan senang menerima buah tangan kita. Semoga bermanfaat untuk Anda semua.







Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel