Artikel Terbaru

DOngeng/ cerita luar Negeri dan cerita rakyat Indonesia



 
Dongeng / cerita  anak sebelum tidur baik dalam negeri maupun luar negeri

Saya  masih inget waktu saya kecil dongeng apa saja yang saya tahu. Sayang sekali bukan orang tua saya yang menceritakan dongeng itu semua. Satu cerita yang selalu diceritakan oleh nenek saya “ Ada tarzan makan gajah, tarzan ngising ( buang air besar) keluar gajah. Lalu gajah makan tarzan, gajah ngising keluar tarzan. Begitu terus diulang ulang pasti tidak selesai.  Gak mutu banget khan, tapi ini jadi pengingat saya dengan Mbah Harto saya.

Semua dongeng yang saya tahu karena saya gemar membaca sejak kecil, dari majalah bobo yang pinjem tetangga, komik, buku cerita rakyat dari kakak perempuan saya yang guru SD. Bahkan majalah berbahasa Jawa pun saya suka membacanya,nama majalah tersebut Panjebar Semangat.  Bapak suka mengajari saya membaca HA NA CA RA KA seperti di bawah ini tulisannya 
:
Saya suka sekali bagian rubrik Alaming Lelembut ( Dunia roh halus/hantu)  menceritakan cerita cerita dunia gaib yang ada di daerah daeerah di Indonesia dan OpoTumon menceritakan kisah kisah lucu yang ada di kehidupan sehari hari. Ni contoh  cerita Opo Tumon:

GULAI ISTIMEWA

Sing arep dak aturke iki kedadeyan sing tak alami dhek taun 1986. Kaya mas M (mase bojoku) yen libur kenaikan kelas mesthi neng nggone wong tuwane saperlu ngeterake putrane cacah telu sing umur-umurane isih SD, biasa preian neng nggone mbahe. Ing dina sing ditemtokake aku sakkulawarga wis siap utamane bab panganan, sebab yen ora prei utawa lebaran arang kumpul dulur, mula aku arep gawe kejutan. Mbak Z (bojone mas M) senengane maem sayur gule endhas wedhus wutuh, mula aku tuku endhas wedus sing siap masak.

Wiwit esuk aku wis ibut neng pawon. Bojoku rekane ngresiki sepedha pancal sing suwe ora dienggo, leh ngresiki neng sandhing lehku masak. Sepedha dicopoti, dikumbah nganggo minyak tanah ben ora karaten. Lha dik T (adike bojoku) ya ibut ngrewangi. Wayah awan masakan kanggo awan wis siap kari masak gule kanggo mengko sore, aku nggodhog banyu kanggo kuah. Durung nganti umob krungu wong uluk salam, ndhas wedhus tak wadhahi kresek tak canthelke paku tembok ben ora digondhol kucing. Jebul mas M sak rombongan wis teka. Bubar nyelehke gawan terus kabar-kabaran (crita mrana mrene). Putrane telu karo anakku loro (lanang) anake dik T siji lanang terus gojeg dadi siji neng pawon.

Bojoku durung rampung olehe masang onderdil sepedha,ditinggal sebrung ngono wae melu nemoni. Bareng sauntara banyu tak inguk wis umob, aku nyang pawon. Lha dalah kresek wadhah ndhas wedhus gemlethak neng ngisor tak saut langsung tak cemplungke kwali, bumbu tak cemplungke pisan, karo tak tinggal nyiapke makan siang. Bubar makan siang, kabeh pada leren karo nutugake ngobrol. Bareng lehku masak wis mateng, tak tinggal melu ngobrol.

Kocapa, bubar magrib acara makan malam tak siapke. Nalika mbak Z arep nyidhuk sayur dipindah neng piring, kok kaya bingung weruh ndhas wedhus wutuh mau. Bareng dipadhangi, jebul sadhel sepedha sing digoleki bojoku arep dipasang ora temu. Langsung aku nyawang nggon centhelan tembok. Kresek ndhas wedhus isih wutuh neng kono, sidane malah ngguyu kabeh. Nanging aku kudu mbaleni masak meneh, bareng anakku tak takoni, jebul sadhel mau dinggo dolanan karo sedulure. Apa tumon?
Cerita di atas tentang suatu keluarga yang mau memasak Gulai kepala kambing tapi karena tempatnya berdekatan dengan sadel sepeda dalam tas kresek dikira kepala kambing .Begitu sudah dimasak anda tahu ternyata sadel sepeda yang sama sama hitam dikira kepala kambing. Judulnya khan jadi Gulai Sadel Sepeda. He..he..

Dulu dongeng hanya bisa kita dengarkan dari orang tua ataupun kakak kita dan kita baca dari buku buku yang beredar. Sangat seru sekali jika kita mengikuti cerita di radio missal cerita Saur Sepuh dengan tokoh Brama Kumbara , Mantili dan Lasmini. Atau Misteri GUnung Merapi dengan Nenek Lampirnya. Serasa kita terbawa masuk ke dalam cerita tersebut. Dongeng dongeng yang ada sekarang sudah tergeser dengan film dan sinetron masa sekarang, padahal semua ini selalu tergeser dengan cerita cerita yang baru lagi.

Beda sekali dengan dongeng / cerita  cerita rakyat yang ada di masing masing daerah di Indonesia, makanya karena tidak terhapus oleh lamanya waktu. Kita  perlu bangga mempunyai cerita cerita rakyat yang beranekaragam, seringkali menceritakan asal usul tentang terjadinya suatu tempat baik itu gunung, sungai, laut ato upacara adat/kebiasaan yang masih dilakukan sampai sekarang.

Definisi dongeng :
Menurut saya dongeng adalah Cerita yang  menimbulkan daya imajinasi tinggi yang diceritakan turun temurun biasanya tentang terjadinya suatu benda atau kebiasaan turun temurun yang ada di masyarakat setempat. Bisa di Indonesia maupun di luar negeri.

Makanya itu dongeng lebih enak kalo kita mendengarkan isi cerita sambil kita berbaring dan membayangkan kejadian di dalam dongeng itu bahkan kita seakan akan masuk didalam cerita tersebut. Tanpa batas, sebesar imajinasi kita , sebesar pula kualitas dongeng yang kita dengar .
Saya menulis ini karena mendengar lagu dari Naura dan Neyna berjudul Dongeng, tau khan Nola?M antan grup penyanyi  cewek AB Three . Lagunya tuh membuat saya  kembali mengingat kembali masa kecil saya yang cukup menyenangkan. Ni lirik lagu  Dongengnya:

Lirik lagu: Dongeng
Aku, percaya serbuk ajaib
Berkilauan, ditiup ibu peri
Ada harta karun, tepat diujung pelangi
Ada istana di atas awan
Ingin terbang ke sana
(Neona) Kalau aku, percaya ada raksasa (Hiii...)
Makanannya anak kecil yang nakal
Diluas samudera, putri duyung bersenandung (Lalalala)
Benarkah, ibu? Semua ada, dalam dunia ini?
(Ibu) Ada... kisah ini tercipta karena cinta
Indahnya, kan membuatmu bahagia
Temukan saja imajinasi
Lihatlah jauh dalam hatimu
Cinta, dongeng terindah dunia
(Neona) Lalu... (Lalu...)
Benarkah ada nenek sihir
(Ada, jika kamu tidak mau makan)
Mengerikan sambil membawa tongkat?
(Makanya jangan nakal!)
Tujuh bidadari yang mencari selendangnya (Di sungai)
Naga yang terbang (Juga raksasa)
Mengepak sayap (Hijau warna badannya.)
Semua terasa nyata
(Ibu) Awas ada nenek sihir
menyihirmu jika kamu nakal
semua cerita kan mewarnai hidupmu
Ambil yang baik, buang yang buruk
Bebaskanlah khayalmu
(Naura, Neona, Ibu) Kisah ini tercipta karena cinta
Indahnya kan membuatmu bahagia
Temukan saja, imajinasi
Lihatlah jauh dalam hatimu
Cinta, dongeng terindah di dunia
(ibu) Nah, Ney... sekarang percaya kalau ada nenek sihir?
(Neona) Ada...

Anak saya waktu mendengar lagu yang  :Awas ada nenek sihir “ Dia langsung mendekap saya ketakutan. Tokoh –tokoh dalam lagu tersebut mengingatkan kita akan dongeng dongeng masa kecil kita.

Yuk kita bahas antara cerita luar negeri  dan cerita rakyat Indonesia punya :

Ibu Peri
Di luar negeri ada ibu perinya Cinderela yang bisa membuat Cinderela menjadi cantik dengan kacanya naik kereta labu Cinderela tidak disukai oleh saudara tiri dan ibutirinya .
Di Indonesia ada cerita yang mirip lho BAwang Merah dan Bawang Putih  ada ibu perinya, Ada cerita Ande ande Lumut, yang mencari jodoh yang dapat Klenting Hijau bahkan tidak hanya ada 1 ibu peri, ada juga 7 bidadari yang mandi di air terjun trus kelupaan selendangnya. Ini salah salah satu dongengnya :

Cerita Rakyat Ande Ande Lumut

Pada zaman dahulu, ada sebuah Kerajaan besar yang bernama Kerajaan Kahuripan. Namun, untuk mencegah perang persaudaraan Kerajaan Kahuripan di bagi menjadi dua Kerajaan, yaitu Kerajaan Kediri dan Kerajaan Jenggala. Suatu hari sebelum Raja Erlangga meninggal, ia berpesan untuk menyatukan kembali kedua Kerajaan tersebut.
Akhirnya, kedua Kerajaan tersebut bersepakat untuk menyatukan kedua Kerajaan, dengan cara menikahkan Pangeran dari Kerajaan Jenggala, yaitu Raden Panji Asmarabangun. Dengan Putri cantik Dewi Sekartaji dari Kerajaan Kediri.
Namun, keputusan untuk menikahkan Pangeran Raden Panji Asmarabangun dengan Putri Sekartaji, di tentang oleh Ibu Tiri Putri Sekartaji. Karena Istri kedua dari kerajaan Kediri menginginkan Putri kandungnya sendiri yang menjadi Ratu Jenggala. Akhirnya, ia merencanakan untuk menculik dan menyembunyikan Putri Sekartaji dan ibu kandungnya.
Suatu hari, Raden Panji datang ke Kerajaan Kediri untuk menikah dengan Dewi Sekartaji. Namun, Putri Sekartaji sudah menghilang. Mengetahui hal itu Pangeran Panji sangat kecewa. Namun, Ibu tiri Putri Sekartaji membujuknya untuk tetap melangsungkan pernikahan tersebut. Putri Sekartaji di gantikan dengan Putri kandungnya Intan Sari. Namun, Pangeran langsung menolak usulan tersebut.
Karena sangat kecewa, Pangeran Panji memutuskan untuk mencari Putri Sekar dan Ibunya. Ia akhirnya mengganti namanya menjadi Ande-ande Lumut. Suatu hari, ia menolong seorang Nenek yang sedang kesusahan yang bernama Mbok Randa. Akhirnya, mbok Randa mengangkatnya sebagai anak angkat dan tinggal dirumah Mbok Randa.
Suatu hari, Ande-ande Lumut meminta ibu angkatnya untuk mengumumkan bahwa ia sedang mencari calon istri. Banyak gadis-gadis desa di sekitar desa Dadapan untuk bertemu dan melamar Ande-ande Lumut. Namun, tidak seorangpun yang ia terima untuk di jadikan istrinya.
Sementara, Putri Sekar dan ibunya Candrawulan berhasil membebaskan diri dari sekapan ibu tirinya. Mereka pun mengirimkan pesan melalui Burung Merpati untuk di sampai kepada Raja dari Kerajaan Kediri. Mengetahui bahwa Putri Sekar dan Ibunya mengirimkan surat. Intan Sari dan Ibunya segera melarikan diri.
Putri Sekar sangat senang dan berniat untuk bertemu dengan Pangeran Panji. Namun, ia pun kecewa karena Pangeran Panji sudah pergi berkelana. Ia pun memutuskan untuk berkelana juga untuk mencari Pangeran Panji.
 
Suatu hari, ketika Putri Sekar tiba di rumah seorang janda yang mempunya tiga anak gadis cantik. Nama ke tiga Janda tersebut adalah, Klenting Merah, Kelentin Biru dan Klenting Ijo. Akhirnya, Putri Sekar pun mengganti namanya menjadi Klenting Kuning.
Mendengar berita yang bersumber dan desa Dadapan kabar itu menyebutkan jika Mbok Randa mempunyai anak angkat, seorang pemuda yang sangat tampan wajahnya_ Ande-ande Lumut namanya. Ketampanan Ande-ande Lumut sangat terkenal menjadi buah bibir dimana-rnana. Banyak gadis yang datang ke desa Dadapan untuk melamar anak angkat Mbok Randa itu.
Kabar tentang Ande-ande Lumut sedang mencari Istri terdengar oleh ke ke empat gadis cantik tersebut. Akhirnya, Janda tersebut menyuruh anak-anaknya untuk pergi menemui Ande-Ande Lumut.
Suatu hari, mereka segera berangkat. Namun, mereka hanya pergi bertiga karena Klenting Kuning mempunyai pekerjaan rumah yang belum selesai. Mereka bertiga saling mendahului agar terpilih oleh Ande-ande Lumut. Namun, di tengah perjalanan mereka sangat kebingungan karena harus menyebrang sungai. Di tengah kebingungan tersebut. Tiba-tiba, muncullah. Pemuda bernama Yuyu Kakang. Ia menawarkan untuk mengantarkan mereka menyebrang. Tapi, Yuyu Kakang mengajukan satu syarat. ‘’ Jika sudah menyebrangkan kalian, maka perbolehkan aku untuk mencium kalian bertiga’’ pada awalnya mereka menolak. Namun, karena itu jalan satu-satunya mereka pun terpaksa menyetujui persyaratan tersebut.
Sesampainya di rumah mbok Randa, mereka langsung memperkenalkan diri satu persatu. Melihat kedatangn ketiga gadis cantik tersebut, ia segera memanggil Ande-ande Lumut. Namun, ia langsung menolak ketiga gadis tersebut.
Sementara itu, setelah menyelesaikan pekerjaannya Kleting Kuning. Kleting Kuning pun juga berniat datang ke desa Dadapan Untuk bertemu dengan Ande-ande Lumut. Keinginan itu disarnpaikannya kepada ibu angkatnya. Kleting Kuning berangkat menyusul ketiga Kleting lainnya. Tibalah ia di tepi sungai. Ia pun merasa kebingungan untuk menyebrang. Namun, lagi-lagi Yuyu Kangkang datang menawarkan bantuannya. Sama seperti ketiga Klenting setelah di sebrangkan Klenting Kuning harus bersedia untuk di cium. Klenring Kuning pun segera naik ke punggung Yuyu Kangkang.
Setelah mereka tiba di seberang, Kleting Kuning langsung membuka kotoran ayam yang dibungkus daun pisang. Ia mengoleskannya pada kedua pipinya. Yuyu Kangkang kemudian menagih janji. Kleting Kuning segera memasang pipinya yang diolesi kotoran ayam. Yuyu Kakang pun marah dan menyuruhnya segera pergi.
Ande-ande Lumut menolak ke tiga Klenting karena telah di cium oleh Yuyu Kangkang. Tiba-tiba, Ande-ande Lumut sangat terkejut ketika melihat kedatangan Klenting Kuning. Mbok Randa sangat heran melihat sikap anak angkatnya. Banyak gadis-gadis cantik yang datang untuk melamarnya. Namun, ia tolak dengan berbagai alasan. Tapi, melihat Klenting Kuning yang berpakaian sangat kumal dan badannya yang sangat bau malah di sambut dengan wajah bahagia dan berseri-seri.
Akhirnya, Mbok Randa pun terdiam. Ia mengikuti Ande-Ande Lumut menemui gadis itu. Sementar, Kleting Kuning terkejut sekali melihat Ande-Ande Lumut adalah tunangannya, Raden Panji Asmarabangun.
Akhirnya, di depan semua orang, Klenting Kuning langsung mengubah diri menjadi Putri Sekartaji. Semua orang sangat terkejut melihat sosoknya yang sangat cantik. Ketiga kakak angkatnya pun sangat terkejut ketika mengetahui jika sosok yang selama itu mereka perlakukan dengan tidak baik itu ternyata Putri Sekartaji.
Tak lama kemudian, mereka di kejutkan oleh Ande-ande Lumut yang membuka dirinya. Ia tidak lain adalah Pangeran Raden Panji. Kedua sejoli tersebut sangat bahagia karena dapat bertemu kembali. Akhirnya, Raden Panji langsung membawa Putri Sekar dan ibu angkatnya Mbok Randa ke Kerajaan Jenggala. Mereka pun segera melangsungkan pernikahan.
Akhirnya Kerajaan Kediri dan Kerajaan Jenggala dapat bersatu kembali.

Raksasa
Siapa yang tidak tahu cerita Jack dan kacang merah, begitu kacang ditanam maka akan tumbuh sampai ke langit. Di langit ada raksasa yang punya ayam bertelur emas ma  alat musik dari emas.
Di Indonesia ada juga juga raksasa dari cerita Timun mas ,begitu dilempar bijinya akan tumbuh menjadi sesuatu yang menjebak raksasa yang mau makan Timun Mas sampai mati.
TIMUN MAS
Pada zaman dahulu, hiduplah sepasang suami istri petani. Mereka tinggal di sebuah desa di dekat hutan. Mereka hidup bahagia. Sayangnya mereka belum saja dikaruniai seorang anak pun.

Setiap hari mereka berdoa pada Yang Maha Kuasa. Mereka berdoa agar segera diberi seorang anak. Suatu hari seorang raksasa melewati tempat tinggal mereka. Raksasa itu mendengar doa suami istri itu. Raksasa itu kemudian memberi mereka biji mentimun.

“Tanamlah biji ini. Nanti kau akan mendapatkan seorang anak perempuan,” kata Raksasa. “Terima kasih, Raksasa,” kata suami istri itu. “Tapi ada syaratnya. Pada usia 17 tahun anak itu harus kalian serahkan padaku,” sahut Raksasa. Suami istri itu sangat merindukan seorang anak. Karena itu tanpa berpikir panjang mereka setuju.

Suami istri petani itu kemudian menanam biji-biji mentimun itu. Setiap hari mereka merawat tanaman yang mulai tumbuh itu dengan sebaik mungkin. Berbulan-bulan kemudian tumbuhlah sebuah mentimun berwarna keemasan.

Buah mentimun itu semakin lama semakin besar dan berat. Ketika buah itu masak, mereka memetiknya. Dengan hati-hati mereka memotong buah itu. Betapa terkejutnya mereka, di dalam buah itu mereka menemukan bayi perempuan yang sangat cantik. Suami istri itu sangat bahagia. Mereka memberi nama bayi itu Timun Mas.

Tahun demi tahun berlalu. Timun Mas tumbuh menjadi gadis yang cantik. Kedua orang tuanya sangat bangga padanya. Tapi mereka menjadi sangat takut. Karena pada ulang tahun Timun Mas yang ke-17, sang raksasa datang kembali. Raksasa itu menangih janji untuk mengambil Timun Mas.

Petani itu mencoba tenang. “Tunggulah sebentar. Timun Mas sedang bermain. Istriku akan memanggilnya,” katanya. Petani itu segera menemui anaknya. “Anakkku, ambillah ini,” katanya sambil menyerahkan sebuah kantung kain. “Ini akan menolongmu melawan Raksasa. Sekarang larilah secepat mungkin,” katanya. Maka Timun Mas pun segera melarikan diri.

Suami istri itu sedih atas kepergian Timun Mas. Tapi mereka tidak rela kalau anaknya menjadi santapan Raksasa. Raksasa menunggu cukup lama. Ia menjadi tak sabar. Ia tahu, telah dibohongi suami istri itu. Lalu ia pun menghancurkan pondok petani itu. Lalu ia mengejar Timun Mas ke hutan.

Raksasa segera berlari mengejar Timun Mas. Raksasa semakin dekat. Timun Mas segera mengambil segenggam garam dari kantung kainnya. Lalu garam itu ditaburkan ke arah Raksasa. Tiba-tiba sebuah laut yang luas pun terhampar. Raksasa terpaksa berenang dengan susah payah.

Timun Mas berlari lagi. Tapi kemudian Raksasa hampir berhasil menyusulnya. Timun Mas kembali mengambil benda ajaib dari kantungnya. Ia mengambil segenggam cabai. Cabai itu dilemparnya ke arah raksasa. Seketika pohon dengan ranting dan duri yang tajam memerangkap Raksasa. Raksasa berteriak kesakitan. Sementara Timun Mas berlari menyelamatkan diri.

Tapi Raksasa sungguh kuat. Ia lagi-lagi hampir menangkap Timun Mas. Maka Timun Mas pun mengeluarkan benda ajaib ketiga. Ia menebarkan biji-biji mentimun ajaib. Seketika tumbuhlah kebun mentimun yang sangat luas. Raksasa sangat letih dan kelaparan. Ia pun makan mentimun-mentimun yang segar itu dengan lahap. Karena terlalu banyak makan, Raksasa tertidur.

Timun Mas kembali melarikan diri. Ia berlari sekuat tenaga. Tapi lama kelamaan tenaganya habis. Lebih celaka lagi karena Raksasa terbangun dari tidurnya. Raksasa lagi-lagi hampir menangkapnya. Timun Mas sangat ketakutan. Ia pun melemparkan senjatanya yang terakhir, segenggam terasi udang. Lagi-lagi terjadi keajaiban. Sebuah danau lumpur yang luas terhampar. Raksasa terjerembab ke dalamnya. Tangannya hampir menggapai Timun Mas. Tapi danau lumpur itu menariknya ke dasar. Raksasa panik. Ia tak bisa bernapas, lalu tenggelam.

Timun Mas lega. Ia telah selamat. Timun Mas pun kembali ke rumah orang tuanya. Ayah dan Ibu Timun Mas senang sekali melihat Timun Mas selamat. Mereka menyambutnya. “Terima Kasih, Tuhan. Kau telah menyelamatkan anakku,” kata mereka gembira.

Sejak saat itu Timun Mas dapat hidup tenang bersama orang tuanya. Mereka dapat hidup bahagia tanpa ketakutan lagi.

Hewan – hewan
Ada cerita 3 ekor babi dan serigala, kalo ini versinya 3 babi tu bikin rumah masing masing yang nanti ditiup ama serigala, trus yang 2 rumahnya roboh yang 1 tidak
Di Indonesia , kancil lah jagoannya cerita awalnya Si kancil Mencuri Ketimun, sekarang dongeng ini berkembang pesat dengan cerita yang menarik, sayangnya tampilnya ada di tv yang membuat daya imajinasi anak kurang berkembang. 

Putri duyung 
 DI luar negeri ada puteri duyung ato si mermaid yang cantik dengan badan manusia sedang pinggang ke bawah berbentuk ikan. Ada versi yang baik ada yang jahat.
Di Indonesia ceritanya bisa berubah hewan,hebat khan ada Nyi Roro Kidul sampai Buaya Putih Dewatacengkar.

Banyak juga cerita di Indonesia yang tak kalah serunya lho. Gemar membaca buku sehingga pengetahuan semakin luas. Ingat  ingat  …………CINTA dongeng terindah dunia.









Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel