Olahraga, Sifat, Makanan sesuai dengan golongan/ tipe darah

Olahraga, Sifat, Makanan sesuai dengan golongan/ tipe darah

Olahraga, Sifat, Makanan sesuai dengan golongan/ tipe darah




Olahraga,Sifat, Makanan Sesuai Dengan Golongan/ Tipe Darah

Sudah 3 bulan ini saya menjalankan latihan fitness di sebuah tempat kebugaran,salah satu factor keikutsertaan saya adalah istri saya meminta untuk mengurangi bentuk perut saya yang gendut/buncit. Saya makan nasi hanya 2 x sehari saja, pagi jam 8-9 pagi dan sore jam 6-8 malam. Tapi tetap saja saya memiliki perut yang gendut.Jadi selama 3 bulan ini saya pernah dlm sebulan ada off latihan 1 minggu, total off latihan  2 kali. Pola makan masih sembarang saja dengan makan apa yang ada.

Saya sengaja tidak mengkonsumsi vitamin/ suplemen yang dijual di tempat fitness maupun H-----life yang orang sering jual, keperluan protein saya dapat dari putih telur dan bubur kacang hijau. Saya mau melihat perkembangan tubuh saya dengan biaya yang lebih murah dibanding pembelian suplemen suplemen yangdijual.

Dalam 3 bulan ini saya mendapat perubahan dalam bentuk tubuh, perkembangan otot, penurunan lemak subkutan dan penurunan lingkar perut.tapi kurang signifikan.

Ada teman pernah bilang,” Resiko bagi kita yang bergolongan darah O, harus menghindari karbohidrat karena cepet melar “ . Saya setuju karena saya golongan darah O dan cepet gendut dengan makan yang porsinya lebih kecil dari anak laki laki saya yang berumur 8 tahun.

Bahkan menurut Menurut Dr.James D'Adamo, penulis buku Eat Right for Your Type, setiap golongan darah telah berevolusi selama berabad-abad, itu sebabnya ada reaksi yang berbeda pula pada pola makan dan latihan olahraga yang dilakukan. 

Selain pola makan dan latihan olahraga apa yang cocok bagi  masing masing golongan darah, kita juga bisa mengetahui pola diet dan sifat dari masing masing golongan darah.

Kritik terhadap teori ini terutama mengenai kurangnya bukti ilmiah yang mendukung. Selain itu timbul berbagai kesulitan saat penerapannya, antara lain tidak adanya pengukuran kalori atau lemak, dan beratnya menjalani diet golongan darah untuk jangka panjang dengan jenis makanan yang terbatas. Kesimpulannya aturan pola makan dan aturan olahraga berdasarkan golongan darah ini belum memperoleh dukungan bukti ilmiah dalam dunia kedokteran. 

Langsung saja ya kita sebut satu persatu, karena saya golongan darah O,maka dari  O dulu ya :

GOLONGAN DARAH O
  • Golongan darah O merupakan golongan darah paling kuno dalam sejarah manusia. Jadi membayangkan saya di dalam gua ni,gak pake baju lagi #tipo . Gen untuk golongan darah O berkembang pada suatu titik ketika peradaban manusia beralih dari hidup berburu dan berpindah-pindah ke komunitas agraris yang menetap di suatu tempat.. Bahkan di Amerika serikat sekitar 45 % dari populasi yang ada.
  • Latihan yang disarankan : Mereka yang memiliki darah golongan O disarankan melakukan latihan intensitas tinggi. "Makin tinggi intensitasnya, mereka akan makin merasa lebih baik serta hasil latihan lebih terlihat," kata Khader. Seperti aerobic, lari jogging maupun lari cepat.
  •  Latihan dengan intensitas tinggi juga membuat orang yang memiliki golongan darah O lebih berenergi, membakar lebih banyak lemak, serta meningkatkan pelepasan endorfin sehingga perasaan lebih gembira.
  •  Khader menjelaskan, program latihan berdasarkan golongan darah ini sebaiknya dilakukan sedikitnya selama 6 minggu secara rutin. Kombinasikan dengan pola makan yang tepat sesuai golongan darah. 
  •  "Hasilnya bukan cuma berat badan turun tapi juga lebih berenergi, tidak gampang lelah, dan stres berkurang," katanya.
  • Sifat : Orang dengan golongan darah O orang yang terbuka, enerjik dan sosial. Mereka yang paling fleksibel dibandingkan dengan semua golongan darah.
  • Kelebihan : Mereka menghargai pendapat orang lain dan suka menjadi pusat perhatian. Juga, orang dengan darah O sangat percaya diri.
  • Kelemahan :Mereka mudah memulai proyek tetapi sering mengalami kesulitan berikutnya karena mereka mudah menyerah. Mereka bertingkah dan tidak terlalu dapat diandalkan. Golongan darah O selalu mengatakan apa yang ada di pikiran mereka.
  • Masalah yang dihadapi : Kencing manis, masalah usus dan pencernaan, peredaran darah kurang baik, sakit pinggang danbelakang, kegemukan, kadar kolesterol yang tinggi, tekanan darah tinggi, kadar asam urat tinggi, penyakit kanker, gout,penyakit jantung, penyumbatan arteri.
  • Makanan tinggi protein (memiliki asam lambung yang lebih banyak) sehingga lebih mampu dalam mencerna daging yang dikonsumsi & kurangi karbohidrat. Daging,unggas, ikan dan aneka ragam buah buahan maupun sayur sayuran sangat bagus untuk golongan darah O ini. Anda juga bisa mengkonsumsi beras, biji-bijian dan kacang- kacangan, tapi produk susu perlu dibatasi ( es krim, susu, keju, mentega ). Daging merah juga bisa dikonsumsi tetapi dibatasi juga seperti daging kambing,sapi. Hindari pula seafood : cumi cumi, kerang, gurita, udang.
GOLONGAN DARAH A
  • Golongan darah A merupakan manusia pertama yang menjalankan aktifitas pertanian karena nenek moyang sudah tinggal menetap dan tidak lagi suka berperang.
  •  Latihan yang disarankan : Jika orang yang bergolongan darah A melakukan olahraga yang intens atau terlalu keras akan memicu lebih banyak stres pada otot. "Karena itu otot akan mengeras dan terbentuk lebih banyak asam laktat," kata Khader.
  • Olahraga yang cocok adalah olahraga yang menenangkan. Hal tersebut bisa meningkatkan kadar kortisol sehingga tubuh menjadi cepat lelah dan terkadang berat badan cepat naik. "Orang yang golongan darahnya A lebih baik melakukan olahraga seperti yoga, Tai Chi, dan sejenisnya," katanya. Olahraga lebih ringan tapi memiliki durasi yang lebih lama
  •  Sifat : Bertanggung jawab & romantis .Orang-orang dengan golongan darah A di percaya memiliki sifat terorganisir, konsisten, sangat mudah bekerja sama tapi selalu cemas (terlalu perfeksionis) sehingga mudah membuat orang lain tidak suka.
  •  Kelebihan : Mereka juga  diketahui memiliki ketenangan saat situasi kritis bahkan saat semua orang panik. Namun, mereka cenderung menghindari konfrontasi dan tidak nyaman di dekat orang yang tidak cocok. Mereka sangat bertanggung jawab. Jika ada pekerjaan yang harus dilakukan, mereka lebih memilih untuk mengurus sendiri. Mereka termasuk orang-orang mendambakan kesuksesan dan perfeksionis. Orang-orang bergolongan darah A juga sangat kreatif dan paling artistik dari semua tipe darah. Kemungkinan besar karena sensitivitas mereka
  •  Kelemahan : Golongan darah A yang pemalu, cenderung sangat sopan. Tapi semua orang dengan golongan darah A memiliki kesamaan yaitu tidak pernah benar-benar merasa cocok dengan orang lain. Orang dengan golongan darah A juga dianggap klasik karena mudah stres.
  • Masalah yang dihadapi : Hilang kesabaran diri atau cepat marah, rembesan sebum berlebihan, penyakit jantung dan masalah saluran darah, kanker dan ulser, gaster, kegemukkan.
  • Golongan darah A memiliki kelemahan dari sisi asam lambung yang kurang optimal (dibandingkan tipa gol darah lainnya) bahkan bisadibilang miskin asam lambung dalam mencerna daging. Makanan yang cukup disarankan untuk dikonsumsi yaitu asupan diet protein nabati dengan kacang, kedelai, legumes, dan karbohidrat kompleks.
  • Orang dengan golongan darah A ditekan kan lebih dianjurkan untuk sering mengkonsumsi produk kacang kedelai, kacang-kacangan, biji-bijian, beras, sayur-sayuran, buah-buahan dan porsi kecil untuk ikan laut. Akan tetapi jangan salah sangka, pemiliki golongan darah A juga boleh-boleh saja untuk menkonsumsi daging, seperti daging kambing, sapi, ayam, bebek dll, hanya saja harus dibatasi (mutlak jangan berlebihan).
GOLONGAN DARAH B
  • Kunci golongan darah B adalah keseimbangan. Orang bergolongan darah B tumbuh dan berkembang baik melalui apa yang telah disediakan oleh dunia hewan dan tumbuhan. Artinya golongan darah B menunjukan kemampuan yang canggih dalam perjalanan evolusinya.
  • Olahraga yang cocok dengan golongan darah ini adalah yang seimbang. Ini berarti mereka disarankan melakukan sedikit olahraga yang melibatkan olah napas serta penurunan stres seperti yoga, tetapi juga perlu melakukan latihan kardio dan angkat beban. Untuk orang dengan tipe golongan B disarankan melakukan olahraga menengah seperti mendaki gunung,bersepeda
  •  Sifat : Orang dengan darah tipe B berkarakter paling santai. Mereka cenderung kurang kooperatif karena lebih suka mengikuti aturan dan ide-ide mereka sendiri. Mereka adalah individualis. Memperhatikan pikiran mereka lebih sedikit daripada perasaan mereka.Oleh sebab itu terkadang tampak dingin dan serius. Orang dengan darah tipe B sering dianggap tidak konvensional daripada jenis golongan darah lainnya.
  • Masalah yang dihadapi : Kerusakan system syaraf, kesulitan untuk tidur berkualitas, sakit kepala dan migren, penyakit hati dan saluran empedu, masalah haid, sakit tulang belakang, kegemukkan, penyakit jantung.
  • Golongan darah B punya system pencernaan yang toleran terhadap jenis daging ( kambing, rusa, kelinci ) dan sangat  baik sering menkonsumsi produk susu walaupun kurang baik jika mengkonsumsi terlalu banyak biji-bijian,beras maupun kacang-kacangan. Untuk golongan darah B sebaiknya menghindari konsumsi ayam, karena memiliki kandungan lektin dalam jaringan otot yang dapat menimbulkan reaksi kurang baik.
GOLONGAN DARAH AB
  •  Golongan darah AB merupakan golongan darah yang paling modern dan berusia kurang dari 1.000 tahun, jarang (5 % dari jumlah populasi di Amerika Serikat) Gabungan dari A da B
  •  Orang yang memiliki golongan darah AB disarankan untuk mengkombinasikan aspek latihan antara golongan darah A dan B secara rutin. Yaitu olahraga yang moderat dan olahraga yang menenangkan.
  •  Sifat  : Orang dengan golongan darah AB sulit diprediksi, karena merupakan gabungan dan 2 gen yang berbeda. Mereka dapat memiliki karakteristik di kedua ujung spektrum pada waktu yang sama. Misalnya, mereka bisa pemalu dan bisa tiba-tiba sebaliknya. Mereka dengan mudah beralih dari satu berlawanan dengan yang lain.
  • Kelebihan sifat golongan AB : Orang yang dapat dipercaya dan bertanggung jawab, tetapi tidak dapat menangani terlalu banyak. Mereka tidak keberatan membantu asalkan kondisi mereka sendiri mampu. Orang dengan tipe darah ini tertarik dalam seni dan metafisika.
  •  Kelemahan sifat golongan AB : dianggap sebagai tipe darah terburuk di Jepang. Mereka hengkang dari pekerjaan ketika terdapat hal-hal tidak memenuhi harapan mereka. Dikenal sensitif dan ingin mendapat perhatian untuk mengimbangi kekurangan dari jenis darahnya.
  •  Masalah yang mungkin dihadapi : Perut kembung sakit jantung dan masalah saluran darah, kanker, kegemukkan, kesulitan tidur berkualitas, sakit sendi dan tulang. Lebih sering pada saluran pencernaan yang sensitive.
  • Orang dengan tipe golongan darah AB harus seimbang dalam konsumsi daging, sayur sayuran dan produk susu. Karena memiliki kadar asamlambung kurang optimal untuk mencerna daging maka disarankan konsumsi ikan. Jadi menurut Adamo, pemilik golongan darah AB sangat tepat bila konsumsi sayuran hijau (seperti bayam,selada,brokoli,sawi), susu yang rendah kalori dan rendah lemak ( susu kambing,keju ricotta, susu kedelai ) dan ikan laut ( sardine,tuna,cumi cumi)

Apabila makanan yang dikonsumsi cocok dengan golongan darah, akan bermanfaat untuk meningkat energi tubuh, mencegah penyakit, dan mengurangi berat badan.

Apabila makanan yang dikonsumsi tidak “cocok” dengan jenis golongan darah dapat menyebabkan dampak buruk seperti mudah lelah hingga masalah berat badan yang tidak baik.

Sebelum anda melakukan saran di atas terutama jika anda menerapkan diet berdasarkan tipedarah, lebih baik konsultasi pada ahli gizi atau dokter anda.

Walau mungkin popular dan banyak dipublikasikan dalam bentuk buku tidak menjamin 100% lho. Jika kini Anda tengah berusaha menurunkan berat badan, sebaiknya pilih rencana diet yang telah didukung bukti ilmiah. Lakukan olahraga sesuai dengan kondisi dan kemampuan tubuh Anda. Jika perlu, konsultasikan dengan ahli gizi dan dokter untuk mendapatkan saran terbaik.


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments