Tips buka puasa bersama dengan nasi liwetan di atas daun pisang terbaru

Tips buka puasa bersama dengan nasi liwetan di atas daun pisang terbaru

Tips buka puasa bersama dengan nasi liwetan di atas daun pisang terbaru

GAmbar 1 : Nasi Behampar Cak Bokir
Tips Buka puasa bersama dengan menu nasi liwetan di atas daun pisang

Bulan puasa ini memang ada hal- hal baru yang terjadi, seperti  menyantap nasi liwetan bersama –sama dengan penyajiandi atas daun pisang. Sebenarnya tidak baru sih karena di tempat lain hal ini sudah terjadi. Lucunya dari jaman saya kecil menyantap nasi di atas daun sudah merupakan tradisi slametan di daerah Jawa. Di daerah lain saya rasa ada juga dengan nama yang berbeda.

Saya merujuk Jawa karena tradisi slametan ini biasanya dilakukan umat muslim ( pakai doa doa secara agama Islam ). Gak kebayang khan hal ini ( buka puasa nasi liwetan) dikaitkan kalo Papua yang mengadakan,karena saya lihat dalam penyajiannya memakai daun dan di atasnya ada babi bakar. So…saya hubungkan dengan tradisi orang Jawa saja. Lagian namanya nasi Liwetan.

Nasi Liwetan merujuk dari kata Liwet artinya cara memasak nasi , kalo orang Jawa pasti paham ngliwet. Di liwet (nasi ditambah air trus dimasak sampai matang ) biasanya meninggalkan sisa nasi yang menempel pada alat memasak dan di adang (dikukus ).

Di Samarinda ,buka puasa bersama( bukber) tahun ini diwarnai dengan sajian nasi liwetan di mana-mana, bedanya kita bisa pilih lho, ada nasi uduk, nasi kuning, nasi bakar, nasi bekepor. Dengan nama produk yang berbeda-beda sperti nasi behampar cakbokir atau sego gudangan wulan yuki. Lauknya bermacam-macam, ada tempe, tahu, ayam, kerupuk, telur,perkedel, dengan tambahan takjil kurma. maknyus pokoknya.

Tentunya semuanya enak- enak, dengan porsi yang bisa kita pilih harganya mo yang berapaan? Kalo sego gudangan wulan yuki sekitar 35rb/porsi.

Gambar 2 : Sego Gudangan Wulan YUki


Tips untuk memesan nasi liwetan :
  • Cari tempat makan yang sudah terbukti rasanya, untuk bersaing dalam berjualan saya rasa sebagian besar mau menjual produknya dengan syarat disajikan di atas daun pisang yang  memanjang.
  • Pilih menu dengan seksama, minta supaya jangan terlalu pedas ya, buat bukber setelah seharian berpuasa bisa melilit tu perut.(sambel dipisah boleh juga ).
  • Pesan jauh- jauh hari sebelumnya, karena memerlukan persiapan yang cukup lama dan matang dengan makanan yang disajikan di atas daun, makanan di tata saat mau disantap. Gak ada yang mengantar nasi liwetan sudah di atas daun dari tempat memasaknya ( piringnya kepanjangan bro sis, trus berapa orang yang mengangkut dari mobil ke tempat bukber).
  • Pesan minta diantar aja, karena biasanya tempat tempat warungnya udah di pesen orang, jadi bisa aja cari yang bisa antar nasi liwetan dirumah yang akan dijadikan acara bukber.
  • Sesuaikan panjang ruangan dengan daun pisang yang akan dijadikan tempat sajian, mau nasi liwetan ruangan yang dipakai 1x 2meter gak mungkin khan.
Jadi ni …………. bukber pakai nasi liwetan, sangat cocok sekali buat ajang kebersamaan, yang makan banyak bisa makan bagian teman yang makannya sedikit.

Sebelum menyantap nasi liwetan jangan lupa . Cuci tangan memakai sabun. Ambil secukupnya jangan terlalu comot sana comot sini memakai tangan usahakan pakai sendok ambil nasi dan lauknya, kalo tidak liur Anda yang nempel di tangan bisa mencemari nasi liwetan yang ada,kasian teman teman Anda.


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

1 comment

Mantabz kak... tulisannya...

Balas