-->

Artikel Terbaru

Tips dan cara merawat mulut

 
Tips atau cara merawat mulut Anda 

Dari mulut terpancar sumber kebahagiaan  melalui senyum manis. Mulut juga jalan masuk makanan yang dibutuhkan oleh Anda. Mulut juga bisa menjadi sumber penghasilan Anda. Tapi mulut juga bisa menjadi sumber yang merugikan bagi Anda jika mulut tidak dirawat dengan benar. Anda tidak mau khan rekan bisnis Anda atau mungkin pacar Anda memutuskan Anda karena bau mulut Anda ?

Jadi berikut ini tips untuk Anda,  mengenai apa yang harus Anda lakukan supaya Anda mempunyai senyum indah untuk memikat pacar dan rekan bisnis Anda :

Sikat Gigi

Sikat gigi pada masa sekarang  banyak macam dan jenisnya, setiap produsen mengagungkan penemuan penemuan baru dari sikat giginya. Walaupun secara tak langsung produk awal lebih buruk dari produk barunya, tapi buktinya produk lama masih diproduksi terus sama produsen itu. Yang terpenting Anda harus nyaman dalam melakukan aktifitas sikat gigi.

Tipsnya :
  • Pilih sikat gigi yang sesuai dengan sensitivitas gigi anda, untuk gigi yang lebih sensitive diperlukan sikat gigi yang ada tulisan “soft “. Ada yang “medium” dan “hard”. Saya pribadi memilih yang soft, jika saya memilih medium atau hard biasanya membuat  gusi saya berdarah.
  • Pilih sikat gigi yang bisa menjangkau seluruh area mulut, termasuk geraham belakang. Jadi saya lebih menyarankan ujung sikat yang agak lancip bagi Anda yang mempunyai rahang kecil.
  • Mengganti sikat gigi minimal satu bulan sekali, ada 2 tanda  pada sikat gigi jika sikat gigi Anda perlu diganti. Yang pertama sikat gigi Anda terlihat mekar seperti bunga pada siang hari, tanda kedua biasanya produsen sikat gigi memberi warna pada bulu sikat jika warna mulai pudar itu mulai diganti ya.
  • Pilih sikat gigi yang mempunyai pegangan tidak licin,saya sering terpeleset memegang sikat gigi saya yang menyebabkan gusi saya terluka.
Ada 2 jenis sikat gigi :
  • Sikat gigi manual : Sangat cocok untuk gigi bagian depan dan dalam
  • Sikat gigi elektrik : Bagi Anda yang memiliki masalah arthritis/nyeri di bagian bahu dan tangan

Pasta Gigi :

Seperti sikat gigi, produk pasta gigi juga semakin banyak di pasaran.Semua memiliki kelebihan masing masing. Tapi biasanya fluoride lah zat aktif yang sering dipakai. Anda pasti tahu dengan iklan iklan yang ada di televise Anda.
Tipsnya :
  • Pilih aroma atau rasa yang Anda paling suka, kemampuan mencium aroma manusia bisa meningkatkan gairah /minat Anda akan sesuatu. Orang dewasa lebih suka aroma yang bernuansa segar seperti rasa mint. Jadi bukan Anda saja yang mencium aroma mint pasta gigi anda, orang di sekitar Anda bisa juga menciumnya.
  • Oleskan secukupnya saja. Ada yang bilang semakin banyak maka semakin bersih. Seperti halnya mencuci baju, tidak perlu sabun cuci 1 kg untuk 2 lembar pakaian anak yang habis kena lumpur main bola. Anda tetap harus menyikatnya khan. Oles pasta gigi anda sedikit saja, cara Anda menyikat gigilah yang lebih penting. 
Bersihkan LIdah

Permukaan lidah yang kotor biasanya sisa makanan menempel di situ, bisa menjadi sumber penyakit. Tandanya pada permukaan lidah Anda ada lapisan putih yang menempel. Jika dilihat dengan teliti harusnya bintil bintil pada permukaan lidah bisa terlihat dengan mudah.

Tipsnya :
  • Gunakan tongue scrapper/ pembersih lidah yang dijual di pasaran. Tidak menemukan? Mudah kok,  cari sikat gigi yang di bagian belakang bulu sikat ada seperti garis garis vertical. Tidak semua sikat gigi ada lho, biasanya sikat gigi yang pegangannya karet dan bagian ujungnya karet juga.
  • Tidak ada juga? Anda bisa menyikatnya dengan sikat gigi yang mempunyai bulu yang lembut. Biasakan sikat lidah Anda sewaktu Anda menyikat gigi. Dari pangkal lidah sampai ujung lidah Anda sebanyak 7 sampai 10 kali.
  • Sikat atau bersihkan lidah Anda dengan hati –hati dan lembut sehingga tidak merusak jaringan di permukaan lidah Anda. Nanti kalau luka fungsi perasa Anda akan berkurang.
Mouthwash

Orang Indonesia bilang obat kumur biasanya untuk membunuh kuman dan bakteri yang ada di area mulut disertai aroma yang menimbulkan nafas segar .
Tipsnya :
  • Sebelum membeli , baca tanggal kadaluarsa yang tertera di kemasan.
  • Baca kandungan yang ada di dalamnya ada alcohol atau tidak, bagi sebagian Anda ada yang melarang penggunaan alcohol.
  • Konsultasikan dulu dengan dokter gigi Anda jika Anda dalam perawatan gigi ( misal pasang kawat gigi ) atau mempunyai gigi yang bermasalah.

Dental Floss

Anda tidak mau khan ketika pada senyuman Anda ada tampak warna merah menyelip di gigi Anda? Belilah dental floss yang ada di pasaran,daripada Anda membawa sikat gigi Anda kemana-mana. Dental floss berbentuk seperti benang panjang dengan berbagai jenis di pasaran.

Sisa makan paling sering nyangkut di gigi Anda yang renggang. Biasanya ada gigi yang sudah dicabut sehingga gigi yang ada berusaha masuk pada gusi yang kosong. Kalau terselip daging yang agak keren, kalau terselip kangkung ampun neik…dua duanya tetap tidak enak. Saya pernah keselip(keslilitan) daging(urat) sampai semaleman sakit gigi. Obatnya ? ke puskesmas dibersihkan sama Mas Bandi di poli gigi.

Tipsnya :

  • Beli dental floss yang ukuran kecil saja jadi mudah dibawa kemana- mana
  • Jangan terlalu sering memakai  tusuk gigi yang bisa mebuat gigi Anda renggang. Atau benang jahit yang bisa membuat  luka pada gusi Anda.
Jadi ciptakan senyum manis dan nafas segar Anda yang akan memikat lawan jenis Anda dan kolega Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel