Artikel Terbaru

7 Manfaat Buah Pepaya (Carica Papaya) Untuk Kesehatan

Selamat pagi semuanya...pagi ini saya sarapan pepaya dan secangkir milo hangat. Sudah banyak saya makan pepaya hasil kebun di belakang rumah, cuma satu sih tapi pohonnya tidak berhenti berbuah. 

Disamping buahnya yang besar, rasanya juga dijamin manis. Asal buah ini sebenarnya tidak jelas cuma tumbuh liar di belakang rumah kost. Buahnya kecil tetapi rasanya sangat manis sehingga ibu mertua saya menanam bijinya di rumahnya. Hasil yang didapat buahnya jadi lebih besar dan rasanya manis. Bahkan di sekitar rumah mertua sudah mengembakbiakkan bibit pepaya tersebut.
Tumbuhan pepaya tidak mengenal musim makanya saya bisa menikmatinya pada musim apa saja, menanamnya juga cukup mudah tidak repot. Kalau beli murah saja, tapi saran saya jika anda makan buah pepaya yang rasanya manis. Cobalah anda semai bijinya sehingga anda dapat menikmatinya kapan saja buah pepaya yang sangat manis ini, dengan sedikit pupuk kandang akan membuat buah pepaya anda menjadi ukuran yang lebih besar.

Bagian tumbuhan bisa bermanfaat dari akar dan getah  selain daun dan buahnya. Kandungan nutrisi selain gizi yang dikandung adalah karposit, karpain, papayotin dan kasutsyuk bisa berfungsi sebagai antibiotic.

Kali ini www.didied.com akan share tentang bermacam manfaat buah pepaya, di Indonesia sendiri buah ini bukan merupakan buah idola bahkan kalah popular dengan buah jeruk . Tapi kandungan nutrisinya tidak kalah lho dengan buah jeruk.

Tahu gak kandungan vitamin C dalam buah papaya sebesar  78mg/100gram tidak kalah dengan jeruk yang cuma 49mg/100gram.  Buah yang bisa mengalahkan buah pepaya dalam  kandungan vitamin C adalah buah jambu biji sebesar 87 mg. 

Selama ini kita hanya tahu bahwa vitamin A banyak terdapat pada wortel padahal tahu tidak daun pepaya mempunyai kandungan vitamin A yang lebih tinggi dari wortel sebesar 18.250 SI, wortel yang kita kenal lebih popular hanya  mengandung 12.000 SI. 

Sebelum kita mengetahui apa saja manfaat dari tumbuhan ini kita akan pelajari apa saja kandungan gizi di dalam si carica papaya { nama latin }. Perhatikan ya kandungan dari tumbuhan ini dari pepaya muda sampai menjadi pepaya matang.

Komposisi Gizi Pepaya Muda Pepaya Matang Daun Pepaya
Energi                 26 kal                 48 kal               79 kal
Vitamin A           50 SI                  385 SI               18.250 SI
Vitamin B1        0.02 mg            0.04 mg                 0.15 mg
Vitamin C            19 mg               78 mg                 140 mg
Kalsium               50 mg               23 mg                 353 mg
HIdrat Arang       4.9 mg           12.2 mg                11.9 mg
Fosfor                   16 mg              12 mg                 63 mg
Zat Besi                0.4 mg            1.7 mg                 0.8 mg
Protein                   2.1 mg           0.5 mg                 8.0 gr
Air                       92.4 mg          86.7mg                 75.4 mg
Lemak                0.10 gr         -                         2 gr

Kandungan papaya (per 100 gr)

Yuk sekarang kita akan bahas apa saja keuntungan jika memakan buah papaya ini yang mempunyai julukan buah ajaib dari Meksiko Selatan. Ingat ya Meksiko Selatan bukan Korea Selatan , bukan drama ya tapi buah.

  1. Dengan kandungan vitamin C dan karoten yang cukup tinggi buah papaya bisa digunakan sebagai antioksidan sebagai andalan untuk mengusir radikal bebas yang diketahui sebagai salah satu penyebab penyakit kanker. Bahkan jika kita memakan kandungan Vitamin C sebesar 500 mg dari buah papaya  setiap hari maka akan menyuburkan sperma pria dan pergerakannya lebih cepat.
  2. Pepaya bisa mempengaruhi Hormon Pertumbuhan dengan meningkatkan pertumbuhan otot dan mengurangi timbunan lemak.
  3. Pepaya juga mengandung antiseptik sehingga bisa membantu pencegahan bakteri berkembang biak dalam usus. 
  4. Buah papaya dapat membantu proses pengaturan asam amino sehingga bisa sebagai detoksifikasi system pencernaan kita sehingga meningkatkan kekebalan imun kita.
  5. Kandungan papain pada papaya bisa melancarkan pencernaan kita  yang tidak sempurna sehingga bisa menghindarkan kita dari penyakit tekanan darah tinggi, epilepsy, susah BAB, radang sendi dll.
  6. Pepaya juga bisa mempercepat pencernaan lemak dan karbohidrat, makanya banyak orang memakai papaya sebagai pengempuk daging untuk membuat sate atau masakan yang lain.
  7. Kandungan carposide pada tumbuhan ini juga bisa untuk mengobati kecacingan.

Makan buah papaya dengan teratur bisa menhindarkan kita dari penyakit kanker kolon, kanker paru paru, kanker pancreas dan kanker kandung kemih. Mari kita budayakan perbanyak makan buah setiap hari sebagai salah satu dari program pemerintah GERMAS.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel