Artikel Terbaru

Kebutuhan Waktu Tidur Manusia yang Cukup sebagai Detoksifikasi Tubuh

Selamat Pagi Sahabat yang Terkasih. Bagaimana istirahat Anda malam ini ? Semoga dapat tidur dengan nyenyak.
Saat ini banyak sekali obat, herbal, vitamin, nutrisi yang dijual oleh MLM dan dipercayai dapat berfungsi untuk detoksifikasi tubuh. Tapi menurut saya ya tergantung tiap orang cocok atau tidak.


Padahal tahu tidak ? TUHAN sudah menciptakan tubuh manusia dengan sempurna. Organ organ tubuh manusia mampu untuk melakukan proses detoksifikasi yang diperlukan manusia untuk membuang racun racun yang ada di dalam tubuhnya.
Bagaimana caranya ?
Dengan tidur yang cukup maka organ organ dalam tubuh manusia dapat melaksanakan pembuangan racun dengan baik.

Definisi tidur versi Indonesia : tidur merupakan suatu keadaan tidak sadar dimana persepsi dan reaksi individu terhadap lingkungan menurun atau hilang, dan dapat dibangunkan kembali dengan indra atau rangsangan yang cukup. Tidur ditandai dengan aktivitas fisik minimal, tingkat kesadaran yang bervariasi, terjadi perubahan proses fisiologis tubuh serta penurunan respon terhadap rangsangan dari luar (Asmadi, 2008).

Tidur merupakan suatu keadaan berubahnya kesadaran, dimana dengan adanya berbagai derajat stimulus dapat menimbulkan suatu keadaan yang benar - benar terjaga (Taylor, 1997)

Sebagian banyak orang mempunyai keyakinan bahwa tidur dapat memulihkan atau mengistirahatkan fisik setelah seharian beraktivitas dapat mengurangi stress dan mengurangi kecemasan,serta dapat meningkatkan kemampuan dan konsenterasi ketika melakukan aktivitas sehari-hari

Ketika anda mengantuk menandakan bahwa waktunya untuk beristirahat. Bukan anda langsung minum kopi buat begadang semaleman. Tidur malam yang ideal adalah sekitar 8-10 jam, tidak menambah kemungkinan semakin bertambah umur biasanya waktu tidur malam semakin berkurang.
Kebutuhan tidur pada manusia tcrgantung pada tingkat perkembangan tumbuh manusia.

Kebutuhan Tidur Manusia
  1. Tingkat Perkembangan : 0 - 1 bulan Bayi baru lahir Jumlah Kebutuhan tidur : 14 - 18 jam/hr
  2. Masa bayi : 1 bulan - 18 bulan 12 - 14 jam/ hari
  3. Masa anak : 18 bulan - 3 tahun 11 - 12 jam/hari
  4. Masa prasekolah : 3 tahun - 6 tahun 11 jam/hari
  5. Masa sekolah : 6 tahun - 12 tahun 10 jam/ hari
  6. Masa remaja : 12 tahun - 18 tahun 8,5 jam/hari
  7. Masa dewasa : 18 - 40 tahun 7 - 8 jam/hari
  8. Masa muda paruh baya : 40 tahun - 60 tahun 7 jam/hari
  9. Masa dewasa tua : 60 tahun keatas 6 jam/hari
Pada kali ini www.didied.com akan memaparkan proses detoksifikasi tubuh yang ada di saat kita beristirahat. Untuk anak anak disarankan tidur pada pukul 9 malam, saya jadi paham mengapa dalam keluarga saya sewaktu saya kecil jam tidur adalah jam 9 malam. Televisi dan lampu dimatikan saat hendak tidur malam. Sekarang kita liat ya apa saja proses detoksifikasi itu
Baca juga : 4 Kunci Utama dan Penting Menuju Pola Hidup Sehat tanpa Penyakit

Proses Detoksifikasi Tubuh ketika kita beristirahat :

  • Pukul 21.00 - 23.00 : Proses detoksifikasi terjadi pada sistem antibodi yang bekerja dikelenjar getah bening dan limpa .Pada waktu yang sama juga terjadi proses tumbuh kembang pada anak. Maka idealnya anak anak tidur malam sebelum pukul 9 malam. Jika Anda belum bisa tidur saran saya adalah baringkan badan Anda  dan dengarkanlah musik lembut yang disukai.
  • Pukul 23.00 - 01.00 :Proses detoksifikasi terjadi pada organ hati, hati mengeluarkan racun dalam tubuh. Jika sering begadang sampai jam ini maka tanda tandanya terlihat pada warna mata yang kekuningan.  
  • Pukul 01.00 - 03.00 : Proses detoksifikasi terjadi pada organ empedu.
  • Pukul 03.00 - 05.00 : Proses detoksifikasi terjadi pada organ paru-paru. Seperti yang saya tulis di judul sebelumnya. Pada orang yang sering menderita batuk pada jam tersebut pasti akan terjadi batuk yang lebih sering bahkan terlihat hebat. Hal ini disebabkan karena adanya pembersihan organ paru-paru dari racun yang menumpuk ( saat Anda sakit batuk ). Pada tahap ini jangan terburu-buru minum obat.
  • Pukul 05.00-07.00 : Proses detoksifikasi terjadi pada organ usus besar. Makanya seringkali di jam ini Anda akan melaksanakan buang air besar, hal ini menandakan bahwa usus besar Anda bekerja dengan baik,
  • Pukul 07.00-09.00 : Proses penyerapan zat gizi oleh usus kecil. Pada tahap ini sebaiknya jangan melewatkan sarapan bergizi, makanlah sesuatu yang mudah diserap oleh usus halus Anda. Saran saya jangan makan daging dagingan dan makanlah yang lembut dan mudah dicerna. Makanlah buah buahan yang manis dan segar dan jangan terlalu asam bagi Anda yang mempunyai penyakit maag.
Jika anda sering begadang mungkin sesekali boleh saja, tetapi jangan selalu begadang Anda tahu sendiri kan apa akibatnya jika sering begadang. Akibat yang sering terjadi adalah menurunnya tingkat kosentrasi kita pada pagi harinya. Jadi kita malah mengkonsumsi minuman energi maupun kopi kental secara berlebih di pagi hari dan sewaktu kita bekerja.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel