Artikel Terbaru

4 KUNCI UTAMA DAN PENTING MENUJU POLA HIDUP SEHAT TANPA PENYAKIT

Mau sehat ? Tanpa obat ?
Pasti idaman sebagian orang.
Kenapa saya bilang sebagian orang ? Karena bagi beberapa orang keinginan sehat terjadi ketika mereka dalam keadaan sakit. Kalau masih sehat maka beberapa orang tersebut malas untuk menjaga kesehatan yang telah diberi oleh Tuhan.

Di Indonesia sendiri penyebab kematian terbesar adalah penyakit tidak menular. Seperti jantung, stroke, hipertensi, diabetes melitus.stress.



Kita langsung saja ya ? Apa saja kunci kunci hidup sehat tersebut :

4 Kunci Utama dan Penting Menuju Pola Hidup Sehat Tanpa Penyakit

1. Pola makan yang baik

Bagaimana sih pola makan yang baik ? Makanlah dengan teratur dan dengan gizi yang berimbang. Penyakit yang paling sering pada orang dewasa adalah sakit pada lambung, bahkan dari lambungnya seringkali penyakit - penyakit berasal. Penyakit tersebut bisa kembung, nyeri perut/ maag, sembelit dan mencret.

Perbanyak makan sayur dan buah. Kecenderungan orang Indonesia lebih memilih kenyang duluan daripada yang lain. Makanya nasinya lebih banyak daripada sayur dan buah.

Makanlah sebelum anda lapar dan berhentilah makan sebelum anda kenyang. Makanlah rutin seperti biasa 3x sehari dengan waktu yang teratur. Jika tidak rutin maka lambung akan bingung dengan polanya, maka asam lambung berlebih akan menggerus dinding lambung anda.

Jangan makan terlalu asam maupun pedas. Bagi penyuka pedas seperti saya, tak pedas maka makan tak sedap.

2. Istirahatlah dengan teratur

Ketika anda mengantuk menandakan benar benar waktunya untuk beristirahat. Bukan anda langsung minum kopi buat begadang semaleman. Tidur malam yang ideal adalah sekitar 8-10 jam, tidak menambah kemungkinan semakin bertambah umur biasanya waktu tidur malam semakin berkurang.

Tidur di malam hari sangat menguntungkan tubuh kita. karena ketika tubuh kita beristirahat tubuh akan mengeluarkan imun melalui sekresi maupun eksresi organ organ di tubuh kita. Paling mudah dilihat adalah ketika sekitar jam 2-3 pagi kita sering batuk, menandakan ada pembersihan lendir di paru paru. Nanti kita bahas di artikel selanjutnya.
Baca juga : Kebutuhan Waktu Tidur dan proses detoksifikasi waktu tidur

3. Aktifitas fisik yang teratur

Aktifitas fisik yang disarankan adalah minimal 30 menit sehari, bisa menyapu, mengepel, cuci baju,cuci mobil dan kegiatan sehari hari.

Mau olahraga boleh juga tapi harus dengan saran tenaga kesehatan, olahraga apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan dilihat dari tingkat kebugaran dan kondisi tubuh atau penyakit yang sedang diderita seseorang.
Baca juga Olahraga yang Baik, Benar Teratur dan Terukur.

4. Kelola stress dengan baik

Akhir -akhir ini stress dinilai bisa mempengaruhi  kesehatan di dalam tubuh seseorang. Kalau stress orang bisa malas makan atau banyak makan, tidak bisa tidur nyenyak, ketemu orang malas jadi baring di kamar saja. Timbullah penyakit penyakit yang tidak kita inginkan

Berpikirlah positif setiap hari. Jika ada masalah ingatlah semua orang mempunyai masalah masing - masing. Masalah hari ini cukuplah untuk hari ini, hari esok ada kesusahannya sendiri. Tuhan tidak menutup mata dengan masalah kita dan bekerja secara ajaib untuk menyelesaikan masalah kita.

Yuk kita hidup sehat sebelum kita sakit.








Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel