Artikel Terbaru

Bahan Ajar Sekolah Minggu GPK Cendrawasih Samarinda Tema : Berani Bermimpi Subtema menceritakan mimpi dan cita cita kepada keluarga

Memasuki Bulan Oktober kami guru sekolah  minggu harus mencari bahan untuk anak anak sekolah minggu. Rencananya kami akan berkoordinasi dengan bidang pengajaran untuk membuat bahan ajar yang disesuaikan dengan tema yang sesuai dengan ibadah orang tua , sehingga untuk kedepannya ada kesesuaian tema yang didapat anak anak dan orang tua. Diharapkan terjadi saling keterkaitan bagaimana tema itu diperoleh versi anak anak dan versi orang tua.

Untuk sementara kami harus mencari tema sendiri yang harus disajikan kepada anak anak sekolah  minggu. Tema bulan ini adalah Berani Bermimpi  terinspirasi dari lagu anak anak yang sedang popular saat ini. 

Sebagai seorang guru sekolah minggu saya selalu flash back kehidupan masa kecil saya, sehingga saya paham apa yang anak anak rasakan di masa kecil mereka. Walaupun saya masih belajar saat ini karena perkembangan teknologi yang semakin maju membuat anak anak berpikiran lebih maju juga. Tetapi dampak  negative dari teknologi juga harus kita waspadai.

Ada hal hal di masa kecil yang tentunya tidak bisa digantikan dengan teknologi sekarang. Masa kecil saya penuh dengan mimpi dan imajinasi. Bahkan ketika saya mengikuti lomba saya bisa tahu hasilnya lewati mimpi saya. Maaf… bahkan ketika saya mimpi tentang angka pernah nomor togel yang saya mimpikan tembus.

Mimpi dan imajinasi adalah hal yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan masa kecil. Bagi sebagian pembaca novel terkadang imajinasi yang mereka bayangkan lebih besar dari film dari novel yang mereka baca.

Bahan Ajar Sekolah Minggu GPK Cendrawasih Samarinda

TEMA : Berani Bermimpi

Minggu Pertama
Kejadian 37 : 1 – 11 Yusuf dan Saudara- saudaranya
(Peragaan kakak mau tidur(pura pura menguap ) lalu bisa peragakan salah satu profesi yang ada missal polisi, lalu tiba tiba terbangun )
Adik adik tahu tidak tadi kakak sedang apa? (Biarkan dijawab, mungkin ada yang jawab tidur, menguap, bangun , mimpi, polisi )
Adik adik ada yang pernah bermimpi tidak ? Sama dong, kakak juga pernah bermimpi. 
Ada yang mau bercerita pernah mimpi apa ? ( Biarkan mereka bercerita )

Mimpi ada bermacam macam, ada yang mimpi sedih, ada mimpi gembira, ada mimpi menakutkan juga. Selain itu habis kita bermimpi ada masih ingat mimpinya ada yang lupa semalam mimpi apa.
Di Alkitab ada tokoh yang sering bermimpi bahkan bisa mengartikan arti mimpi. Tahu tidak adik adik ? Siapa ya ?

Betul ….Yusuf namanya. Yusuf sangat disukai oleh Yakub( Israel ) ayahnya  karena lahir di masa tua Israel tandanya Yusuf dibuatkan jubah yang maha indah. Adik adik tahu jubah tidak, jubah itu baju yang sering dipakai oleh raja raja. Superman dan batman juga punya jubah bener tidak ?
Jubah Yusuf adalah jubah yang maha indah, mungkin warnanya emas  atau kainnya mengkilap, ada batu warna warni ditempel. Saudara saudara Yusuf menjadi iri karena Yusuf lebih disayang oleh ayahnya. Kalian boleh iri tidak ? Betul kalian tidak boleh iri kepada saudara kalian.

Langsung aja ya kalau cerita kok jadi panjang 
Ada 2 mimpi :


  1. Yusuf dan saudaranya sedang di ladang mengikat berkas berkas gandum, lalu berkas Yusuf berdiri dan berkas berkas gandum saudaranya sujud menyembah berkas gandum Yusuf.
  2. Matahari, bulan dan 11 bintang sujud menyembah Yusuf


Apa respon dari saudara saudaranya ? Saudara saudara Yusuf iri dan membenci Yusuf
Apa respon dari orang tuanya ? orang tuanya tidak percaya dan menyimpan dalam hati
Kaitkan juga dengan cerita Kelahiran Yesus di Matius 1 : 18 -25 ketika Yusuf bermimpi tentang kelahiran Yesus 

Mungkin adik adik banyak yang bermimpi tentang sesuatu atau bercita cita jadi  sesuatu, Ceritakanlah kepada keluarga adik adik terutama kedua orang tua, adik adik tidak boleh takut untuk mengungkapkannya. Jika kita cerita ke orang tua kita,  pasti orang tua kita akan ikut mendoakan apa yang kita mimpikan atau cita citakan.

Mungkin respon orang orang di sekitar kita tidak peduli bahkan akan mengolok olok kita, adik adik tidak boleh menyerah. Penemu penemu hebat dulu berawal dari sebuah mimpi, missal penemu pesawat terbang dulu bermimpi bagaimana manusia bisa terbang. Atau bermimpi ingin ke bulan dan sekarang manusia memakai pesawat antariksa untuk pergi ke bulan.

Aktifitas :
Anak anak bergiliran untuk bergaya tentang sebuah profesi di depan dan anak anak lain menebak profesi apa yang digayakan temannya.

Demikian bahan ajar Minggu pertama dengan tema Berani Bermimpi diharapkan anak anak tidak takut untuk bercerita tentang apapun juga yang mereka mimpikan bahkan semua kegiatan mereka, mereka berani komunikasikan dengan kedua orang tua.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel