Artikel Terbaru

Kumpulan Soal soal Ekonomi Prediksi Ujian Nasional SMA Terbaru 2020

Kumpulan soal soal prediksi untuk Ujian Nasional SMA/SMK kemungkinan sedang banyak dibutuhkan oleh para siswa siswi yang sebentar lagi akan bersiap siap menghadapi UN. Ini adalah moment yang sangat penting. Dimana peristiwa ini akan menentukan seorang siswa atau siswi bisa dinyatakan lulus atau tidaknya di tahun 2020.

Pada tahun 2020 mendatang, tentu saja ada pengaturan baru terkait UNBK yang akan diterapkan. Diharapkan anak anak bisa memahami dan mengerti alur pengerjaan ujian Nasional tersebut. Soal prediksi umumnya disebut juga sebagai soal kisi kisi ujian. Beberapa sekolah kemungkinan memberikan kisi kisi, namun sebagiannya lagi tidak.

Ada yang berusaha untuk mencari prediksi soal UN di Internet atau kakak tingkat terdahulu. Memang berbagai bahan pembelajaran bisa kita dapatkan dimana mana. Hal ini tergantung keseriusan dan kesungguhan kita saja dalam belajar. Nah, untuk membantu dalam persiapan Anda mengikuti Ujian Nasional, sebagai berikut adalah contoh soal yang kemungkinan besar ada di Ujian. Cekidot.

Kumpulan Soal soal Ekonomi Prediksi Ujian Nasional SMA Terbaru lengkap


A. Soal Ujian Nasional Ekonomi

Topik terkait kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan adanya kelangkaan sumber daya.

Indikator : Peserta didik bisa dan mampu mengidentifikasi macam yang menyebabkan kebutuhan manusia yang tidak terbatas serta sumber daya yang terbatas.

Contoh soal :

Kelangkaan adalah salah satu inti dari masalah ekonomi yang memaksa manusia untuk melakukan pilihan di dalam kehidupan sehari hari baik secara kolektif maupun individual yang disebabkan oleh faktor....

A. Keterbatasan antaran jumlah alat pemuas dengan kebutuhan yang ada di alam
B. Terjadinya suatu bencana alam
C. Adanya peningkatan investasi sebagai akibat dari modernisasi global
D. Faktor lain yang dianggap konstan
E. Perkembangan potensi di Sumber daya manusia

Jawaban yang benar : A.

Pembahasan : 

Kelangkaan atau keterbatasan sumber daya alam disebabkan oleh adanya keterbatasan jumlah alat pemuas apabila dibandingkan dengan kebutuhan manusia yang tidak ada batasnya atau bahkan terus bertambah. Hal inilah yang menyebabkan manusia harus memilih karena tidak semua kebutuhan bisa terpenuhi.

Topik terkait Biaya Peluang

Indikator : Peserta didik bisa dan mampu menghitung semua biaya peluang

Contoh soal :

Amanda baru saja lulus sekolah dari SMK, Ia memiliki pilihan yaitu untuk melanjutkan pendidikan dengan biaya 20 juta, bekerja di Toko dengan gaji 4,5 juta, atau memilih untuk meneruskan usaha rumahan milik orang tuanya dengan penghasilan perbulan kurang lebih sekitar 7 juta. Jika Amanda oada akhirnya memilih untuk melanjutkan pendidikannya, berapa peluang biaya Amanda...

A. 7 juta
B. 4,5 Juta
C. 12 Juta
D. 20 Juta
E. 32 Juta

Jawaban yang benar : A

Pembahasan : Biaya peluang merupakan kesempatan terbaik yang akan hilang apabila Anda telah memilih jalan alternatif lain. Nah, karena Amdan memilih untuk melanjutkan kuliahnya, maka ia sebenarnya melewatkan kesempatan untuk bekerja di Toko dan usaha keluarganya yang upahnya lebih besar. Maka biaya peluang yang lebih besar yang terlewatkan adalah 7 juta (Peluang terbaik).

Topik terkait Permintaan, penawaran, keseimbangan pasar baik secara grafik amupun matematis pemecahan masalah dalam sistem ekonomi.

Indikator : Peserta didik bisa dan mampu mengidentifikasi faktor atau jenis yang memengaruhi penawaran dan permintaan.

Contoh soal : 

1. Harga Barang itu sendiri
2. Teknologi
3. Gaji Pegawai
4. Penghasilan
5. Budaya/tradisi

Faktor penyebab yang mempengaruhi penawaran adalah...

A. 2,3,4
B. 1,2,3
C. 1,3,4
D. 3,4,5
E. 1,4,5

Jawaban yang benar : B

Pembahasan :

Faktor yang memengaruhi adanya penawaran adalah sebagai berikut :
  • Harga barang
  • Harga barang lain
  • Teknologi produksi
  • Biaya produksi
  • Harga faktor produksi
  • Kebijakan pemerintah
  • Jumlah pedagang

Maka jawaban yang tepat adalah 1,2,3 yakni harga barang itu sendiri, harga barang lainnya dan gaji pegawai. Jawaban yang benar adalah B.

Uraian diatas adalah sebagian kecil daftar soal soal yang menjadi prediksi soal yang akan keluar pada Ujian Nasional SMA/SMK sederajat. Untuk lebih lengkapnya sebagai bahan pembelajaran sendiri, sebenarnya bahannya diambil dari pembelajaran selama Anda sekolah yakni Ujian kelas 10, 11, dan 12. Jika Anda menyimpan materi dan contoh soalnya, hal itu juga bisa dijadikan acuan.

Yuk gunakan aplikasi untuk belajar lebih dalam di 5 Aplikasi untuk Belajar Ujian Sekolah tercanggih

Hal lain lagi adalah bahwa setiap mata pelajaran yang diajukan di ujian bisa Anda kuasai dengan baik jika Anda berupaya mengatur waktu sebaik mungkin untuk mempelajari setiap materi. Tentunya sewaktu ujian nasional materi yang diujikan lebih banyak dari ujian biasa. Semoga dengan adanya articel ini bisa membantu dan bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel