Artikel Terbaru

Cara Praktis membuat Hand sanitizer dirumah tanpa alkohol

Mengingat semakin luasnya daerah yang terkena dampak virus corona dan sudah banyak yang menjadi korban. Masyarakat banyak membuat hand sanitizer sendiri dirumah. Ada yang membuatnya untuk keperluan pribadi dan ada juga yang menjadikannya sebagai ide bisnis baru. Hand sanitizer yang semakin langka dan harga yang meningkat menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Pertanyaannya bagaimana cara membuat hand sanitizer alami tanpa alkohol dengan praktis?

Sebenarnya bahan alami yang ada disekitar kita bisa menjadi bahan utama pembuatan hand sanitizer atau cairan pembersih tanpa memerlukan alkohol dalam pembuatannya. Kandungan yang ada di dalamnya mampu berperan secara antif sebagai antikuman, antibakteri dan antivirus. Tutorial pembuatannya pun tidak sulit bahkan cenderung mudah. 

Selain itu karena terbuat dari bahan alami sifatnya akan lebih aman untuk terhindar dari virus corona. Ini juga merupakan tips pencegahan yang baik dilakukan dirumah. Anda tidak perlu keluar rumah, hanya sekedar untuk membuat hand sanitizer. Ingin tahu apa saja cara efektif membuat cairan antiseptik sendiri dirumah? mari simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Cara Praktis membuat Hand sanitizer dirumah tanpa alkohol


1. Daun Sereh

Salah satu bumbu dapur yang bisa dijadikan sebagai bahan utama pembuatan hand sanitizer adalah daun sereh. Kandungan di dalam daun sereh ini mampu dijadikan cairan pembersih antiseptik yang ampuh untuk melawan kuman, virus dan bakteri tanpa bantuan dari alkohol. Cara membuatnya pun cenderung mudah dilakukan.

Anda hanya perlu merendam daun sereh dalam air yang panas. Jangan merebusnya. Lakukan pengukusan dengan air panas selama beberapa waktu. Apabila sudah selesai, Anda bisa menyaring dan mengambil ekstraknya. Nah dari ekstraknya ini lah yang bisa dijadikan hand sanitizer. Untuk bekerja semakin optimal, Anda bisa menambahkan 2% trikolosan dan 10 % ekstrak lidah buaya.

2. Lemon

Lemon terkenal akan buah  dengan kandungan asam yang begitu tinggi. Nah, dari kandungan inilah yang membuatnya berkhasiat untuk membasmi kuman yang ada di tangan Anda. Terlebih lagi dengan memanfaatkan buah lemon juga akan membuat kulit Anda terjaga kelembutannya dan semakin cerah. Bagaimana cara membuatnya?

Teknik pembuatannya begitu sederhana dan praktis. Anda hanya perlu menyiapkan beberapa lemon dan memerasnya. Perasan lemon tersebutlah yang Anda gunakan. Tambahkan dengan air secukupnya dan masukkan ke dalam botol spray dan selesai. Hand sanitizer dari perasan lemon sudah bisa Anda gunakan.

3. Daun Sirih

Selain daun sereh, ada juga daun sirih yang bermanfaat digunakan sebagai cairan antiseptik. Banyak orang sendiri sudah familiar dengan pembuatan hand sanitizer menggunakan daun sirih ini sebagai bahan utamanya. Umumnya daun sirih akan lebih bekerja optimal apabila dicampur dengan bahan alami yang lain. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan kulit rambutan sebagai campuran yang efektif.

Cara membuatnya dimulai dari merebus kedua bahan yakni daun sirih dan kulit rambutan bersamaan secara terpisah. Lalu, ambil kedua ekstraknya masing masing. Pada tahap akhir setelah perebusan barulah Anda bisa menggabungkan kedua bahan tersebut. Tambahkan air secukupnya dan masukkan dalam botol spray. Tips lainnya Anda bisa menambahkan minyak zaitun untuk membuat kulit terjaga kelembutannya.

4. Cuka Putih

Cuka putih merupakan bahan selanjutnya yang bisa dijadikan sebagai bahan hand sanitizer yang utama loh. Jika Anda memiliki banyak stok cuka putih dirumah, silahkan untuk mencoba cara ini. Bagaimana cara praktis membuat hand sanitizer dari cuka putih? mudah sekali sebab Anda hanya perlu mencampurkan cuka putih dengan sedikit air dan masukkan dalam botol spray. Jangan lupa simpan dalam lemari es atau kulkas terlebih dahulu untuk menjaga kualitasnya.

5. Minyak atsiri

Bahan selanjutnya yang tidak boleh ketinggalan dalam pembuatan hand sanitizer dengan bahan almi adalah minyak atsiri. Bahan ini dari dulu sampai dengan sekarang telah populer dijadikan sebagai bahan utama untuk mengusir berbagai jenis penyakit dan infeksi yang umum sering terjadi. Bahan ini sendiri menurut penelitian sudah diuji sebagai bahan dengan sifat antijamur, antibakteri, antikuman, antivirus dan antimikroba. 

Anda bisa membuat cairan pembersih dengan bahan ini dengan mencampurkannya dengan bahan lainnya seperti cuka putih, lidah buaya dan lain lain yang sudah dilakukan proses penyaringan. Setelah mencampur ekstrak semua bahan secara merata, masukkan ke dalam botol spray. Mudah sekali ya.

Informasi diatas adalah rangkaian tips dan cara terbaik untuk membuat hand sanitizer dirumah. Cara ini penting untuk Anda ketahui ditengah langka nya hand sanitizer sampai dengan alkohol untuk membuatnya. Mungkin kalau masih ada di apotek, harganya tidak akan sama seperti sebelum munculnya virus corona.

Bahan alami ini bisa Anda temukan dengan mudah. Bahkan beberapa diantaranya adalah bahan yang Anda gunakan sehari hari. Semoga dengan upaya ini beserta tindak pencegahan virus corona tetap dirumah saja dan terus menjalani hidup yang sehat dapat mengatasi permasalahan covid 19 yang sedang melanda banyak negeri. Manfaatkan bahan alami yang ampuh ini dan semoga membantu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel