Artikel Terbaru

Cara Mengatasi Kecanduan Game Online pada Anak yang Ampuh

Dewasa ini ada banyak sekali Permainan terbaru yang bermunculan, sebagai contoh di tahun 2019 ini mungkin sudah ada puluhan jenis game terbaru dirilis. Tidak seperti zaman dulu, anak -anak lebih aktif bermain di luar seperti main kelereng, masak -masakan pada anak perempuan, main karet, bola, bermain sepeda dan masih banyak lagi. Namun, bagaimana dengan sekarang ini? Yaa, rata -rata anak -anak kita sudah kecanduan game online di Smartphone nya. Bahkan beberapa orang tua juga sudah memfasilitasi anak dengan Handphone Android yang mahal. Memang permainan online di Gughet itu sangat mengasyikkan dan seru -seru model jalan permainannya. Tetapi, sebagaimana yang kita tahu game di Android atau perangkat elektronik sudah lebih dari sekedar asyik. Karena pada kenyataan nya banyak anak mulai tersita waktu nya untuk dunia maya.

Apakah anda termasuk orang tua yang mengeluh dan tidak bisa berbuat apa -apa ketika sang anak tidak bisa dihentikan saat bermain game? Memang di sisi lain orang tua juga ada enaknya, dimana anak mereka akan sibuk dengan dunia mereka dan tidak menggangu, namun di satu sisi lain, ini bisa berdampak buruk bagi psikologis sang anak dan ada banyak kemungkinan dampak bahaya nya dari permainan berbasis internet ini. Lebih baik untuk ibu dan ayah perlu selektif dan mengontrol waktu anak anda bermain, mencegah lebih baik daripada mengobati bukan? Pada article ini kita akan mengulas secara singkat namun jelas cara mengatasi keadaan dimana anak anda kecanduan bermain game online, dengan mengambil tindakan sedini mungkin merupakan cara yang ampuh. Mari kita sima uraiannya di bawah ini.


Anak -anak yang biasanya sudah menganggap bermain game adalah dunia nya biasanya memiliki ciri dan tanda seperti Mengabaikan kebutuhan pokoknya meliputi tidur, makan kumpul bersama keluarga dan lain -lain. Menarik diri dari pergaulan, anak jadi jarang sekali bermain dengan temannya yang lain. Kemudian lupa mengerjakan PR dan Tugas di rumahnya dan masih banyak lagi. Bagaimana tips atau solusi nya?

1. Mengalihkan Perhatiannya

Tips pertama, anda perlu melihat dan memperhatikan apa yang dia sukai atau minat pribadi sebelumnya sang anak itu apa sebelum terkena candu game online. Cobalah untuk mengalihkan perhatian mereka dengan melibatkannya dalam berbagai ekstrakulikuler seperti kegiatan olahraga dan kegiatan di luar sekolah yang mereka sukai juga. Dengan demikian waktu mereka untuk bermain Handphone akan terbatas semisal hanya sepulang pergi les atau bermain dengan teman -temannya. Luangkan juga waktu anda sebagai orang tua untuk mengajak mereka mengobrol sambil santai.

Apabila dia suka berhitung Anda bisa mengalihkan perhatiannya dengan Cara Mudah belajar Matematika dasar atau Cara Belajar Bahasa Inggris secara otodidak

2. Menetapkan Jadwal Bermain

Mengatasi kecanduan alat elektronik bisa anda lakukan dengan membatasi jam bermain mereka tetapi tidak melarang mereka bermain. Apabila perlu gunakan jam atau alarm khusus untuk anak anda agar ia tahu seberapa banyak waktunya untuk bermain dan melakukan kegiatan rutinitas sehari -harinya yang lain. Dengan demikian waktunya akan semakin efektif atau tertata dengan rapi.

3. Mengunci dan Mengamankan Game dari Jangkauan anak

Apabila anak anda adalah termasuk anak yang suka memberontak dan tidak nampak adanya kesadaran untuk bisa melakukan apa yang sudah anda tunjukkan demi kebaikannya, sebaiknya anda mengambil keputusan terakhir untuk mengamankan perangkat game dari jangkauan anak -anak hingga sampai batas waktu yang menurut anda sesuai dan tepat. Misalnya hanya mengijinkannya bermain Handphone Android ketika akhir pekan atau hari libur saja.

4. Membatasi Pemasangan Game pada Perangkat

Biasanya anak yang suka main game di handphone, suka mencoba berbagai jenis game. Bahkan ada yang sampai penuh dengan berbagai jenis game mulai ari yang bergenre battle, adventure secara offline atau bahkan online. Maka sebaiknya yang perlu anda lakukan adalah mengontrol anak anda untuk tidak terlalu banyak menyimpan jenis game. Sebaiknya kita hanya perlu memasangakan satu atau dua game tertentu saja sehingga mereka tidak menghabiskan banyak waktu untuk permainan handphone tersebut.

Inilah beberapa Trik jitu yang bisa anda coba lakukan untuk para orang tua, ayah, ibu, kakak untuk bisa menjaga anak -anak tetap aktif dalam bersosialisasi, bermain, berkumpul bersama keluarga, tidak lupa dengan tugasnya, serta lebih banyak waktu untuk keluarga yang terpenting. Sebenarnya bukan suatu ha yang sulit bukan membatasi sang anak untuk bermain game di suatu perangkat? Hanya saja butuh kesabaran dari pihak anda sendiri. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba!




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel