Artikel Terbaru

Cara Mudah Belajar Matematika Dasar cepat untuk anak

Pelajaran apa yang anda sukai? jawaban untuk pertanyaan ini ada saja yang menyebutkan pelajaran IPA, Bahasa Indonesia, Sejarah, Produktif, Bahasa inggris, Kimia, Fisika, Biologi dan lain sebagainya. Tapi sangat sedikit yang berkata "Saya suka Matematika". Mengapa demikian? Yaa, kebanyakan orang terkhususnya orang Indonesia menganggap bahwa matematika adalah salah satu pelajaran yang sangat sulit, maka tak jarang anak -anak sekolah baik anak Sekolah dasar, SMP, SMA atau SMK sederajat mendapatkan nilai MTK terendah daripada mata pelajaran lainnya. Namun, sebenarnya, menguasai pelajaran berhitung yang satu ini bukanlah hal yang teramat sulit sekali. Ada saja bukan anak murid yang pintar dalam menguasai angka -angka matematika itu?

Kesulitan dalam proses belajar pelajaran ini pada kenyataanya bukan disebabkan oleh sulitnya materi atau teorinya, tapi melainkan metode pengajarannya yang tidak mudah di pahami atau tidak sesuai dengan karakter belajar si Anak tersebut. Maka, anak -anak perlu teknik belajar matematika yang tepat supaya pelajaran matematika ini bisa menjadi lebih mudah dan juga menyenangkan untuk di pelajari.

Sekarang ini apabila kita perhatikan terdapat banyak lembaga yang mulai mengajarkan MTK dengan cara yang unik dan juga menarik dengan tujuan memperbaiki kemampuan anak dalam belajar matematika seperti cara cepat berhitung, cara menguasai rumus matematika secara cepat, cara berfikir logis matematika dan masih banyak lagi. Dan berbagai lembaga yang telah dirancang ini membuat pelajaran matematika menjadi lebih mudah untuk dapat dikuasai.

Untuk bisa mahir dalam pelajaran matematika ini, anda harus mengubah cara belajar menjadi lebih efektif. Tentunya di mulai dengan belajar matematika dasar sampai pada taraf kemampuan anda. Nah, oleh karena itu, ada beberapa teknik atau cara mudah untuk bisa belajar MTK agar proses pembelajaran jadi lebih seru dan tidak membebani. Mau tahu apa saja? Mari kita lihat.

Cara Mudah Belajar Matematika Dasar cepat untuk anak


Metode Gasing

Melalui metode yang satu ini siapapun bisa belajar dan mulai mengerti matematika. Dimana para peserta akan diminta untuk memahami beberapa konsep matematika sebelum mengerjakan soal -soal latihan yang cukup banyak. Topik pembelajaran nya adalah meliputi Penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, bilangan negatif, bilangan positif, pecahan, desimal dan Geometri.

Metode Kumon

Mungkin anda akan bertanya -tanya ini cara seperti apa? Kumon ini merupakan cara pengajaran yang tidak ditentukan berdasarkan tingkatan kelas atau usia seseorang melainkan di mulai dari level yang dapat dengan mudah dikerjakan oleh diri sendiri tanpa ada kesalahan. Lembar kerjanya sendiri di desain dengan level anak, sistematis dan cermat.

Metode Jarimatika

Kata Jarimatika berasal dari singkatan antara Jari dan aritmatika. Ini adalah metode berhitung dengan menggunakan jari- jari tangan. Walaupun hanya menggunakan jari tangan, namun dengan ini sebenarnya mampu melakukan operasi bilangan yaitu Kali, Bagi, tambah dan juga kurang dari angka satuan sampai dengan ribuan. Jarimatika adalah salah salah satu cara sederhana untuk mengajarkan berhitung secara cepat dengan memahami konsep bilangan, lambang, dan juga operasi hitung dasar.

Metode Mathemagics

Metode Selanjutnya adalah Mathemagics, ini merupakan salah satu cara yang menitikberatkan pada pemahaman anak akan konsep dasar dalam matematika yang benar. Pembelajaran ini lebih menggunakan berbagai macam permainan sehingga anak menjadi lebih menikmati, meningkatkan rasa percaya diri hingga berani mengerjakan soal dan mencoba untuk menyelesaikannya.

Metode Mental Aritmetika atau Sempoa

Nah, metode yang satu ini menggunakan alat hitung kuno yang disebut dengan Sempoa. Pasti anda pernah mendengarnya bukan? Sempoa ini adalah alat bantu penghitung manual yang telah diperbaharui sesuai dengan kaidah aritmatik sehingga mudah untuk dipahami dan di transformasikan kedalam mental seorang anak.

Yuk baca juga article serupa yakni Tips dan cara belajar Bahasa Inggris secara otodidiak

Inilah beberapa cara mudah yang dapat dilakukan untuk bisa mengasah kemampuan anak akan matematika. Tidak hanya itu, bisa juga untuk mengubah cara berfikir anak -anak jaman sekarang yang menganggap belajar matematika itu sangat sulit. Namun, dengan cara pengajaran yang menyenangkan tentunya, anggapan tersebut tidak akan berarti lagi. Maka, semoga dengan adanya informasi ini dapat membantu sobat semua yang ingin belajar matematika secara mudah dan cepat. Terkhususnya bagi yang hendak mau ujian sekolah, kalian perlu belajar untuk lebih rajin. Untuk lebih semangat di Handphone Android anda kini bisa mengakses aplikasi untuk belajar. Menarik bukan? Selamat belajar dan semoga bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel