Artikel Terbaru

Resep Karedok Makanan Khas dari Sunda yang Sehat dan Gurih

Hari ini adalah saat untuk kami keluarga pulang ke kampung halaman. Kami merencanakan untuk pergi melalui bandara Aji Muh, Sulaiman di Balikpapan. Semua karena penerbangan ke Yogyakarta hanya melalui penerbangan di Balikpapan. Padahal sekarang sudah ada tiket penerbangan dari Samarinda menuju Yogyakarta, berhubung saya membeli tiketnya sudah jauh hari sebelumnya. Tapi lumayan juga karena saya masih mendapatkan tiket murah sekaligus mendapatkan bagasi masing masing 20 kg.
Kami diantar oleh Papi  sekeluarga ( sebutan kami untuk adik ipar di sini ) dengan mobil barunya. Ada tempat makan yang cukup terkenal di daerah ini yang dijadikan oleh orang orang yang bepergian ke dan dari Samarinda menuju Balikpapan. Bertempat di sekitar Bukit TAHURA tempat ini bernama Tahu Sumedang. Dari namanya saja sudah diketahui kalau tempat ini berasal dari Jawa Barat.

Baca Juga : Resep Oseng Tempe Special

Karena hari sudah hampir malam maka kami berhenti dan membeli makan di situ. Semua memilih makanan masing masing dan pilihan saya jatuh pada makanan khas dari Sunda yaitu Karedok. Karedok adalah makanan khas dari Indonesia yang berisi sayuran segar. Asal kata Karedok adalah karena makanan ini dari Desa Karedok, Kecamatan Jati Gede, Kabupaten Sumedang , Jawa Barat. Makanan ini benar benar mengundang selera karena terbuat dari sayuran segar disiram dengan bumbu kacang yang gurih dipercaya mengandung banyak serat yang bergizi tinggi.

Sebenarnya makanan Karedok saya kenal sudah lama di daerah saya Kroya, Cilacap yang berbatasan dengan wilayah Jawa Barat. Tapi di Samarinda penggemar Karedok tidak banyak, lebih dominan dengan makanan bersantan. Tidak ada salahnya www.didied.com untuk membagikan resep Karedok yang gurih dan menyehatkan.

Resep Karedok Sehat dan Gurih

Bahan- bahan :

  • 1/4  Kol sedang ( biasa disebut kobis) 
  • 1 ikat kacang panjang
  • 100 gram tauge
  • 2 buah timun segar
  • Daun Kemangi sesuai selera
  • Kerupuk sebagai pelengkap 
Bumbu Kacang / saos :
  • 150 gram kacang tanah yang sudah digoreng ( sekitar 1,5 gelas )
  • 50 gr gula merah
  • 2 siung bawang putih
  • Cabai rawit sesuai selera
  • 4 cm kencur
  • 2 sendok makan air asam
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya
  • Terasi sudah dibakar sebelumnya ( tidak juga tidak apa apa)
Cara Membuat :
  1. Bahan -bahan berupa sayur mentah tadi dicuci bersih menggunakan air dingin yang sudah dimasak. Lebih segar kalau kalau direndam sebentar di wadah yang berisi air dingin dari kulkas;
  2. Iris- iris kol dengan bentuk memanjang;
  3. Iris- iris kacang panjang kecil kecil;
  4. Iris-iris ketimun kotak kecil;
  5. Masukkan bumbu -bumbu ke dalam ulekan dan haluskan,tambahkan air sedikit demi sedikit supaya mendapat kekentalan bumbu yang diinginkan ( sesuai selera masing masing );
  6. Masukkan semua sayur mentah ke dalam bumbu yang sudah halus lalu campur perlahan sampai rata;
  7. Taruh daun kemangi di atas sajian Karedok;
  8. Sajikan bersama dengan kerupuk.
Saya makan dengan lahap Karedok di depan saya sendirian karena Papi, mami dan istri saya kurang begitu familiar dengan makanan ini. Karena disajikan dalam bentuk sayuran mentah maka yang paling penting dalam pembuatan karedok adalah pencucian sayuran yang harus benar benar bersih sehingga berguna untuk kesehatan kita.

Begitu habis saya baru teringat kalau saya akan pulang ke kampung. Dan karedok bisa saya dapatkan dengan mudah di sana. Sebagai tambahan saya biasa menggunakan kerupuk mie, kerupuk warna warni berbentuk mie ini sangat enak untuk campuran pembuatan karedok. Apalagi ditambah dengan klanting yang terbuat dari singkong. 




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel