-->

Artikel Terbaru

Kumpulan Contoh Soal Latihan Menghadapi Ujian Nasional SMP Terbaru 2020

Tidak terasa waktu yang mendebarkan bagi anak Sekolah Menengah Pertama atau SMP akan segera dilaksanakan. Yaa, ini adalah ketika para murid harus bersiap siap menghadapi ujian Nasional. Moment yang penting ini akan menjadi penentu naik atau lulus tidaknya mereka ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Namun, sebelum itu anak anak penting sekali untuk tahu contoh soal latihan ujian nasional SMP terbaru. Mengapa?

Dengan menggunakan waktu sebaik baiknya untuk latihan soal sebelum ujian akan membantu anak anak mengerti dan paham jenis atau materi apa saja yang akan diujikan. Khususnya pada tahun 2020 ini anak anak perlu bersiap mulai dari awal tahun. Pelajaran yang diujikan pun tidak main main, mulai dari pelajaran matematika, Bahasa inggris, Bahasa Indonesia, IPA dan lain sebagainya yang menuntut persiapan yang matang sebelum ujian.

Berbagai contoh soal dan kisi kisi soal UN SMP terbaru dan lengkap bisa dengan mudah Anda dapatkan pada situs web atau internet. Seperti yang sekarang Anda sedang simak, kita akan cari tahu model soal seperti apa yang akan  keluar pada ujian nasional tahun ini. Bukan hanya sekedar mengetahui soal ujian, melainkan juga diperlengkap dengan pembahasan dan jawaban lengkap. Untuk itu, mari kita simak uraian soal soalnya di bawah ini.

Kumpulan Contoh Soal Latihan Menghadapi Ujian Nasional SMP Terbaru


1. KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

  • Heterotrof
  • Tubuh tersusun atas hifa atau benang halus
  • Berkembang biak dengan spora
  • Hidup di tempat lembab

Ciri yang disebutkan diatas merupakan ciri kelompok hidup apa?

A. Monera
B. Fungi
C. Mamalia
D. Plantae

Kunci Jawaban benar : B. Fungi

Pembahasan : Fungi adalah kelompok makhluk hidup dengan ciri yang tepat pada deskripsi diatas. Misalnya, tubuhnya adalah tersusun dari Hifa atau benang halus. Fungi berkembang biak dengan spora dan sifatnya heterotrof.

2. BIOTEKNOLOGI

Dibawah ini yang bukan pernyataan mengenai bioteknologi adalah :

A. Pembuatan Tempe dengan pemanfaatan kapang
B. Pembuatan yoghurt dan keju melalui bantuan bakteri
C. Menggabungkan dua sifat tanaman melalui okulasi
D. Pembuatan tape dan roti menggunakan kamir

Kunci Jawaban benar : C

Pembahasan : Bioteknologi sendiri merupakan pemanfaatan makhluk hidup atau bahan untuk menghasilkan suatu jasa atau produk yang dapat memberikan manfaat kepada manusia. Tentunya dengan menerapkan prinsip prinsip ilmu dan teknologi. Jadi, bioteknologi sendiri ini mempunyai peran yang sangat penting untuk bisa meningkatkan produk pangan dan pertanian.

3. SISTEM GERAK

1. Untuk membentuk dan menyokong tubuh
2. Tempat untuk membentuk sel darah merah
3. Melindungi organ organ eksternal
4. Alat gerak pasif atau tempat menempelnya otot

Dari pernyataan yang disebutkan manakah yang menjelaskan fungsi dari sistem rangka untuk tubuh manusia..

A. 1 dan 2
B. 1 dan 4
C. 2 dan 3
D. Semua jawaban benar

Kunci Jawaban benar : A.

Pembahasan : Tubuh manusia sendiri dibentuk atas tulang tulang teratur dan rapi yang disebut dengan rangka. Untuk fungsi rangka bagi tubuh sendiri ada 4 yaitu :

1. Memberikan bentuk tubuh
2. Melindungi organ dalam atau internal seperti jantung, paru paru dan otak.
3. Tempat terbentuknya sel darah merah
4. Tempat menempelnya otot sebagai alat gerak aktif yang mampu menggerakkan tulang.

4. OBJEK ILMU ALAM DAN PEMANFAATANNYA (BESARAN & SATUAN)

Dari besaran dan satuan berikut ini yang termasuk dalam kelompok pasangan besaran pokok dan satuan sistem international (SI) yang paling tepat adalah...

A. Kuat arus -Ampere (A)
B. Massa - Gram (g)
C. Panjang - kilometer (km)
D. Suhu - Celcius (c)

Kunci Jawaban benar : A.

Pembahasan : Besaran yang satuannya telah ditentukan dan disetujui oleh ilmuwan disebut dengan besaran pokok. Untuk besaran pokok dalam satuan international atau SI adalah dengan ketentuan sebagai berikut :

  • Panjang - Meter (m)
  • Massa - Kilogram (Kg)
  • Waktu - Sekon (s)
  • Kuat arus - Ampere (A)
  • Suhu - kelvin (k)
  • Jumlah zat - mol
  • Intensitas cahaya - candela

5. SENYAWA, UNSUR DAN CAMPURAN

Metode pemisahan campuran pada kenyataannya banyak dimanfaatkan dalam dunia industri. Teknik pemisahan tersebut cara kerjanya adalah didasarkan pada perbedaan titik didih dari zat cair yang bercampur. Sehingga pada saat menguap hasilnya zat akan terpisah yaitu disebut...

A. Sentrifugasi
B. Destilasi
C. Kromatografi
D. Filtrasi

Kunci Jawaban benar : B

Pembahasan : Destilasi merupakan pemisahan campuran atau penyulingan yang dilakukan untuk memisahkan suatu zat cair di dalam campurannya. Untuk prinsip kerjanya adalah terletak pada perbedaan titik didih dari zat cair yang pada saat sudah menguap akan menjadi terpisah. Jadi jawaban yang tepat adalah Destilasi dengan opsi B.

Uraian diatas adalah informasi yang singkat namun jelas terkait jenis soal yang kemungkinan keluar pada ujian nasional tingkat SMP. Untuk melihat paling akurat dan bisa dipercaya, cobalah pelajari juga materi yang sudah Anda pelajari pada ujian atau ulangan kelas 1, 2 dan 3 tingkat SMP sebelumnya. Tentu saja Ujian Nasional merupakan rangkuman menyeluruh materi yang diajarkan pada kelas sebelumnya.

Cobalah buka kembali modul soal sebelumnya atau kisi kisi yang Anda dapatkan diujian sebelumnya. Hal ini akan semakin mempermudah Anda dalam pembelajaran yang efektif untuk persiapan ujian yang lebih baik. Lakukan pembahasan atau sharing kerja kelompok apabila diperlukan. Lakukan teknik persiapan ujian yang baik dan benar. Yang terpenting dari hal itu semua, jaga kesehatan pikiran dan mental Anda. Semoga bisa bermanfaat dan berhasil.

Yuk baca info terkait untuk menambah wawasan mu :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel