Artikel Terbaru

Tips Penting yang harus dilakukan sebelum Olahraga lari

Walaupun kebanyakan orang beranggapan bahwa olahraga lari adalah salah satu jenis olahraga ringan yang mudah dilakukan, namun untuk memperoleh manfaatnya secara maksimal Anda perlu tahu teknik dan trik khusus. Hal ini juga penting untuk menghindari adanya cedera atau hal yang tidak diinginkan. Oleh sebab itu, sebelum melakukan olahraga lari, cobalah untuk membuat persiapan penting terutama bagi pemula.

Pernah kah Anda ketika berlari bukannya bugar malah merasakan lelah yang berlebihan? Kondisi ini banyak dikeluhkan oleh orang orang. Penyebabnya sendiri bukan karena intensitas lari Anda yang melebihi kemampuan tetapi teknik cara berlari yang Anda lakukan kurang tepat. Sebagai berikut kita akan bahas tips berhasil sebagai panduan atau pedoman sederhana untuk olahraga lari.

Persiapan penting sebelum olahraga lari adalah :
  • Makan sebelum berlari
  • Melakukan pemanasan
  • Mengenakan pakaian olahraga yang nyaman
  • Mengenakan sepatu olahraga yang nyaman
Tips Penting yang harus dilakukan sebelum Olahraga lari



Teknik dan cara berlari yang benar dan disarankan untuk Anda adalah sebagai berikut :

1.    Memulai dengan jalan kaki

Memulai olahraga lari dengan berjalan kaki adalah awal yang tepat untuk mendapatkan manfaat dari olahraga ini. Cobalah untuk berjalan selama 30 menit atau lebih lalu selanjutnya berlari dengan pelan pelan. Berikutnya tambah kecepatan sampai dengan kecepatan sedang yang membuat Anda nyaman.

2.    Memulai dengan jarak dan durasi pendek

Bagi Anda seorang pemula, penting untuk diperhatikan jangan terlalu jauh atau lama Anda berlari. Ini akan langsung membuat Anda kelelahan. Cobalah untuk memulai dengan jarak yang relatif pendek lalu berikutnya tingkatkan seraya Anda menekuni olaraga lari ini.

3.    Berlari dengan posisi yang baik dan benar

Menurut Anda posisi olahraga lari yang baik dan benar seperti apa? Posisi yang dianjurkan adalah mencondongkan tubuh Anda sedikit kedepan. Posisi dan bentuk tangan yang mengepal membentuk sudut. Tidak lupa pada saat berlari cobalah untuk menapakkan jari kaki atau ujung kaki bukan

4.    Memusatkan berat tubuh

Pada saat Anda berlari cobalah untuk melemaskan badan terlebih dahulu, sebab tubuh yang masih kaku tentu menghambat proses lari menjadi lebih lambat. Oleh karena itu, disarankan sebelum lari buatlah persiapan seperti melakukan pemanasan .

5.    Bernapas dengan benar

Teknik pernapasan yang penting dilakukan adalah menghirup udara dari hidung lalu penuhi paru paru barulah lepaskan melalui mulut yang sedikit terbuka. Jangan menarik napas menggunakan mulut sebab dapat menyebabkan debu dan objek asing mudah masuk dalam saluran pernapasan Anda.

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya seputar teknik dan metode lari yang baik dan benar. Persiapan sebelum olahraga menjadi hal yang yang sangat penting. Selanjutnya teknik yang Anda gunakan ketika berlari juga patut menjadi perhatian. Dengan menerapkan tips dan trik ini semoga Anda bisa mendapatkan manfaat baik dari olahraga lari secara maksimal.

Article di bawah ini membahas hal terkait :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel