Artikel Terbaru

Manfaat Olahraga Renang untuk Kesehatan Tubuh


Sebagaimana yang kita tahu olahraga sangat penting bagi kesehatan. Dewasa ini, ada banyak sekali jenis olahraga yang bisa dicoba. Salah satunya yang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh manusia adalah berenang. Apakah Anda menyukai olahraga renang? Atau bahkan secara rutin melakukannya? Sebenarnya, berenang secara rutin bisa berdampak baik. Apa saja khasiatnya?

Anda bisa merasakan sendiri berbagai kelebihan dan keunggulan dari olahraga air yang umum ini, apabila mencoba untuk menyukainya. Tahukah Anda olahraga renang mampu membangun kekuatan tubuh yang bagus. Mengapa demikian? Sebab pada saat Anda berenang tentunya mengharuskan Anda untuk bergerak di dalam air. Selain itu, manfaatnya juga bisa dirasakan untuk mengolah fisik otot.

Ingin tahu apa manfaat lainnya dari olahraga renang? Yuk simak informasi lengkapnya di bawah ini :

Manfaat Olahraga Renang untuk Kesehatan Tubuh


1.    Membuat Tubuh Rileks

Tubuh yang rilesk sangat penting ketika Anda mulai merasa kelelahan atau letih akibat rutinitas sehari hari. Berenang adalah solusi praktis untuk mendapatkan tubuh yang rileks tersebut. Dengan berenang memiliki khasiat untuk membuat perasaan seseorang menjadi lebih tenang. Berenang juga mampu dalam menjernihkan pikiran, meningkatkan pemikiran positif serta meningkatkan rasa percaya diri.

2.    Membangun Massa Otot

Setelah melakukan olahraga renang secara rutin tentu akan ada manfaat yang bisa Anda rasakan. Salah satunya adalah membangun massa otot. Secara kasat mata Anda akan bisa melihat adanya massa otot pada sisi belakang lengan. Pada pria sendiri umumnya kemungkinan akan naik sampai dengan 25 persen. Hasil ini juga bisa Anda dapatkan dengan setidaknya mencoba program berenang selama kurun waktu kurang lebih 8 minggu.

3.    Meningkatkan Ketahanan Pernapasan

Setelah Anda mencoba untuk berenang secara teratur kurang lebih dalam kurun waktu 12 minggu maka akan membuat konsumsi oksigen naik sampai dengan 10 persen pada perempuan paruh baya dan pria. Pengaruhnya tentu akan ada peningkatan jumlah darah yang dipompa setiap kali jantung berdenyut. Hal ini berarti berenang bisa meningkatkan kekuatan jantung.

4.    Mencegah berbagai penyakit

Nah, selain memberikan manfaat dalam hal kesehatan seraya membuat tubuh segar dan bugar, berenang juga mampu secara baik mencegah timbulnya berbagai macam penyakit. Sebut saja beberapa diantaranya adalah stroke, serangan jantung dan diabetes tipe 2. Berenang juga kerap dikaitkan dalam membantu para penderita penyakit radang sendi dan stroke dalam proses pemulihan.
Inilah berbagai pengaruh baik dari olahraga berenang. Bagaimana menurut Anda? Tertarik untuk mencoba olahraga ini? Jangan ragu untuk segera merasakan sendiri manfaatnya. Dengan menjadikan olahraga renang sebagai olahraga kesukaan akan turut menciptakan kebugaran tubuh yang baik. Pastinya dengan waktu dan keadaan yang pas, Anda bisa memperoleh hasil baiknya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel